Penerapan algoritma back tracking pada permasalahan maksimum flow fuzzy / Hairul Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan algoritma back tracking pada permasalahan maksimum flow fuzzy / Hairul Anwar

Anwar, Hairul (2012) Penerapan algoritma back tracking pada permasalahan maksimum flow fuzzy / Hairul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Back Tracking Maksimum Flow Fuzzy. Pembahasan maksimum flow fuzzy ini dilatarbelakangi adanya ketidakpastian dalam penetuan parameter. Misalkan ketidakpastian dalam menentukan arus maksimum yang bisa melewati jalan. Chanas dan Kolodziejczyk mengembangkan metode untuk menyelesaikan permasalahan maksimum flow fuzzy. Kemudian Amit Kumar and Manjot Kaur juga mengembangkan permasalahan maksimum flow fuzzy dengan flow berupa bilangan fuzzy. Adapun bilangan fuzzy yang digunakan adalah bilangan fuzzy trapezoidal. Algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan maksimum flow fuzzy adalah Algoritma Back Tracking. Algoritma Back Tracking terdiri dari beberapa langkah utama yaitu pencarian lintasan penambah pengurangan kapasitas lintasan dengan kapasitas minimum pada lintasan dan perhitungan flow total yang dapat dialiri pada graph. Algoritma backtracking diterapkan kepada dua permasalahan yaitu permasalahan arus listrik sederhana dan volume kendaraan di sekitar UM. Adapun hasil perhitungan maksimum flow dengan menggunakan algoritma backtracking pada permasalahan arus listrik sederhana diperoleh arus listrik maksimum yang bisa dialirkan adalah 45 satuan. Sedangkan hasil perhitungan maksimum flow fuzzy berupa bilangan fuzzy tringular yaitu (25 50 75). Sedangkan pada permasalahan volume kendaraan diperoleh nilai maksimum flow fuzzy (1925 2011 2113). Perbedaan permasalahan maksimum flow dengan permasalahan maksimum flow fuzzy adalah terletak pada nilai bobot sisi. Pada permasalahan maksimum flow bobot sisi berupa satu bilang real. Sedangkan pada permasalahan maksimum flow fuzzy berupa bilangan fuzzy. Sehingga permasalahan maksimum flow fuzzy bisa digunakan jika terdapat toleransi nilai bobot pada tiap sisinya. Selain itu permasalahan maksimum flow fuzzy memberikan alternatif lebih banyak solusi untuk mengalirkan flow maksimum pada suatu network. Ini disebabkan flow maksimum yang dihasilkan berupa interval dengan nilai keefektifan flow dilihat dari derajad fuzzy-nya.. Untuk memudahkan pencarian maksimum flow fuzzy dibutuhkan alat bantu. Salah satunya adalah dengan menggunakan program delphi. Pada program delphi dibuat prosedur pencarian maksimum flow fuzzy yang disesuaikan dengan algoritma back tracking sehingga nilai maksimum flow fuzzy dan lintasan penambah pada tiap iterasi yang diperoleh sama dengan hasil perhitungan manual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/17140

Actions (login required)

View Item View Item