Zainuri, Tohir (2010) Pmbelajaran sistempersamaan linier duavariabel dengan pendekatan realistik pada siswa kelas II SMP Negeri 1Malang oleh Tohir Zainuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pembelajaran matematika selama ini dunia nyata(real wold)hanya dijadikan tempat mengaplikasikan konsep akibatnya siswa kurang memahami konsep-konsep matematika dan mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika khususnya materi sistem persamaan linier dengan dua variabel masih rendah. Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep sistem persamaan linier dua variabel juga terjadi di SMP Negeri I Malang terutama yang berkaitan dengan masalahmasalah realistik. Hd ini dikarenakan selama ini guru dalam pembelajarannya lebih menekankan kepada pematematikaan vertikal dan cenderung mengabaikan pematematikaan horizontal serta kurang melibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajarannya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa akibat negatif dari pembelajaran matematika secara konvensional. Dalam pembelajaran matematika secara konvensional mengakibatkan siswa hanya beke a secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran sehingga siswa cenderung menggunakan data yang ada tanpa memperhatikan konteks masalahnya. Hal ini berbeda dengan pembelajaran matematika realistik di mana siswa diberi kesempatan untuk menemukan kembali dan merekonstruksi konsep-konsep matematika sehingga siswa mempunyai pengertian kuat tentang konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara empiris mengenai (l) bentuk pembelajaran dengan pendekatan realistik yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem persam.uul linier dua variabel (2) respon siswa terhadap pembelajaran sistem pembelajaran linier dua variabel dengan pendekatan realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian eksperimental semu (quasi eksperiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memudahkan berlangsungnya kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep sistem persamaan linier dengan dua variabel dapat menggunakan tiga tahapan yaitu tahap awal tahap inti tahap akhir. Tahap awal dimaksudkan agar siswa dapat terlibat secara aktif dan lebih siap untuk menerima materi pembelajaran. Tahap inti adalah tahap pemecahan masalah di mana peneliti menyajikanm asalah-masalahre alistik dalam bentuk lembar kegiatan siswa. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih mudah dalam kegiatan pembelajarannya karena mereka dapat saling berdiskusi antara siswa dengan sisw4 siswa dengan guru. Tahap akhir adalah tahap penyimpulan dari materi yang telah dipelajari sisw4 111 pada tahap ini siswa diminta untuk membuat rangkuman dari materi yang telah dipelajaris edangkanu ntuk mengetahuhi asil belajar siswad ilaksanakante s akhir pembelajaran. Dari hasil observasi angket dan wawancara selama kegiatan pembelajaramn enunjukkanb ahwar espons iswat erhadapp embelajarans istem persamlralnin ier dua variabel denganp endekatanre alistik adalahp ositif. Siswa senangd enganm odel pembelajaranm atematikar ealistik padam ateri sistem persamaalli nier dua variabel yang banyakm embantum enyelesaikanm asalah dalamk ehidupans ehari-hari.D ari hasil tes yang diberikan rata-ratatesa wal penelitiana dalah72t e sa khir pembelajaraIn a dalahB 2 2 tesakhirp embelajaran II adalah 93 4. Dengan rata-rata skor yang diperoleh pada tiap evaluasi dapat disimpulkanb ahwad enganp endekatanre alistik dapatm eningkatkanp emahaman terhadapm ateri sistemp ersam uuliln ier dua variabel.p eningkatanp emahamanin i meliputi pemahamans iswad alamm enterjemahkanm asalahk onstektuald an membuamt odel matematika m enentukans elesaians oal cerita yang berkaitan denganm asalahs ehari-hari d an kemampuand alam memberikana lasand ari masalahy ang diberikan. Berdasarkanh asil penelitiani ni maka disarankank epada guruy ang mengajarkanm atematikau ntuk mengajarkans istemp ersamaanli nier dengand ua variabeld enganm enggunakanp endekatanre alistik. tv
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Sep 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16947 |
Actions (login required)
View Item |