Dewi, Zemmy Indra Kumala (2010) Implementasi pembelajaran koopeartif tipe TTW (Think-Talk-Write) dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Talun / Zemmy Indra Kumala Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Zemmy Indra Kumala. 2010. Implementasi Pembelajaran Kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talun. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Askury M.Pd (II) Dr. Hj. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Kata kunci pembelajara kooperatif tipe TTW kemampuan komunikasi siswa respon siswa Sebagai pendidik guru dituntut agar tugas dan peranannya tidak lagi sebagai pemberi informasi (transmission of knowledge) melainkan sebagai pendorong belajar agar siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui berbagai aktivitas seperti pemecahan masalah dan komunikasi. Peningkatan kemampuan komunikasi siswa dapat dilakukan dengan melakukan inovasi dalam pembelajaran. Dalam hal ini perlu dirancang suatu pembelajaran yang membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya sehingga siswa lebih memahami konsep yang diajarkan serta mampu mengkomunikasikan pemikirannya baik dengan guru teman maupun terhadap materi matematika itu sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah dengan melaksanakan model pembelajaran yang relevan untuk diterapkan oleh guru yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan ide-idenya dalam bentuk lisan maupun tulisan. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Talun tanggal 19 Maret sampai 7 Mei 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Tingkat keberhasilan peningkatan kemampuan komunikasi siswa dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II dan penelitian dikatakan berhasil jika hasil kemampuan komunikasi siswa baik . Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi siswa adalah tes di akhir siklus yang berupa permasalahan open-ended. Sedangkan untuk mengetahui respon siswa digunakan instrumen berupa angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa yaitu kemampuan komunikasi siswa pada observasi awal adalah kurang baik setelah dilakukan tindakan siklus I kemampuan komunikasi meningkat menjadi cukup baik kemudian dilakukan tindakan siklus II sehingga kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi baik . Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TTW adalah sangat positif hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan tertarik dengan pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16899 |
Actions (login required)
View Item |