analisis ekspresi zinc finger e-box-binding homeobox 1 (zeb-1) pada colorectal cancer / bay ummu sakinatuz zakiah - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis ekspresi zinc finger e-box-binding homeobox 1 (zeb-1) pada colorectal cancer / bay ummu sakinatuz zakiah

Zakiah, Bay Ummu Sakinatuz Zakiah (2021) analisis ekspresi zinc finger e-box-binding homeobox 1 (zeb-1) pada colorectal cancer / bay ummu sakinatuz zakiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Colorectal Cancer (CRC) merupakan kanker dengan prevalensi terbesar ketiga dengan total kasus (10 0%) dan penyebab kematian kedua dengan total kematian (9 4%) di Dunia. Kematian akibat CRC mayoritas diakibatkan oleh kekambuhan dan metastasis. Sel tumor ganas mengalami proses penting yaitu Epithelial Mesenchymal Transition (EMT) ketika akan bermetastasis. Zinc Finger E-box-Binding Homebox 1 (ZEB-1) merupakan faktor kunci yang mendorong perkembangan kanker melalui aktivasi proses EMT. Data ekspresi gen ZEB-1 pada CRC belum banyak diketahui di Indonesia dan memungkinkan adanya perbedaan pada tiap stadium. Penelitian ini bertujuan untuk analisis ekspresi gen ZEB-1 pada CRC dengan stadium yang berbeda menggunakan metode qPCR. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 yang seluruhnya dari pasien pria dengan 4 sampel berada pada stadium III dan 3 sampel stadium IV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspresi gen ZEB-1 berbeda pada tiap stadium dengan ekspresi tertinggi pada jaringan CRC non metastasis daripada yang metastasis. Jalur ZEB-1 dapat menjadi kandidat target terapi potensial dalam mencegah metastasis pada CRC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 06:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/168982

Actions (login required)

View Item View Item