Khabibi, Muamar (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP negeri 20 Malang pada pokok bahasan segitiga / Muamar Khabibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Khabibi Muamar. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Motivasi Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang pada Pokok Bahasan Segitiga . Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. (2) Drs. Slamet M.Si. Kata kunci Penerapan Pembelajaran Kooperatif Motivasi Aktivitas Hasil Belajar Segitiga. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 20 Malang mem berikan informasi bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika masih bersifat kon ven sional. Guru berperan sebagai pemberi informasi dengan menjelaskan materi matematika memberikan contoh-contoh soal dan pembahasan serta memberikan latihan soal-soal. Akibatnya motivasi dan aktivitas siswa pada saat pembelajaran matematika menjadi rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 20 Malang. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang pada pokok bahasan segitiga. (2) Meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada pokok bahasan segitiga. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 20 Malang meliputi merangkum materi pembelajaran saling membacakan dan menanggapi diskusi kelompok serta diskusi kelas. Peningkatan motivasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif terjadi pada aspek perhatian usaha dan lama belajar. Peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif terjadi pada aspek komunikasi antar anggota dan evaluasi proses kelompok. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi pada meningkatnya banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16867 |
Actions (login required)
View Item |