Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang (Studi kasus empat orang siswa) dengan menggunakan metode think-pair-share / Henny Fitriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang (Studi kasus empat orang siswa) dengan menggunakan metode think-pair-share / Henny Fitriyanti

Fitriyanti, Henny (2010) Deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Malang (Studi kasus empat orang siswa) dengan menggunakan metode think-pair-share / Henny Fitriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriyanti Henny. 2008. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang Pada Sub Bab Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Dengan menggunakan Metode Think-Pair-Share. Skripsi Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Budiono M.Pd (II) Dr. Toto Nusantara M.Si. Kata kunci Kemampuan Komunikasi Think-Pair-Share Garis Singgung Persekutuan dua Lingkaran SMP Kemampuan komunikasi matematis merupakan kompetensi hasil belajar matematika yang dituntut oleh Kurikulum 2004. Kemampuan tersebut merupakan bagian dari kemampuan berfikir matematis tingkat tinggi. Agar kemampuan berfikir matematis tingkat tinggi berkembang maka pembelajaran harus menjadi lingkungan dimana siswa dapat terlibat secara aktif dalam banyak kegiatan matematis yang bermanfaat. Belajar dalam kelompok kecil dengan strategi Think-Pair-Share memberikan kesempatan kepada siswa untuk memulai belajar dengan memahami permasalahan terlebih dahulu kemudian terlibat secara aktif dalam diskusi kelompok dan akhirnya mempresentasikan dengan bahasa sendiri hasil belajar yang diperolehnya. Pembelajaran kooperatif tipe TPS adalah suatu pembelajaran yang terdiri atas tiga tahapan yaitu berpikir (Think) berpasangan (Pair) dan berbagi (Share). Pembelajaran ini ditetapkan secara eksplisit untuk memberi kesempatan lebih banyak pada siswa untuk berpikir menjawab dan saling membantu atau berinteraksi dengan teman. Disamping itu tipe ini juga relatif sederhana dibandingkan denagn tipe lainnya. Hal tersebut disebabkan pada pembelajaran tipe ini tidak diperlukan waktu yang banyak untuk mengatur tempat duduk dan menentukan kelompok. Selain itu pembelajaran tipe ini dapat melatih siswa untuk berpendapat dan belajar untuk menghargai pendapat orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dalam pelaksanaannya penelitian ini dilakukan dalam tiga kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA sebanyak 46 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi catatan lapangan dan pencatatan dokumen berupa LKS. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai 25 april 2008. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat mengasah kemampuan komunikasi matematis siswa. Dan dari hasil pengamatan diperoleh bahwa kemampuan komunikasi siswa kelas VIIIA heterogen. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil diskusi siswa pada tahap berpasangan (pair) dan hasil presentasi siswa pada tahap berbagi. Kemampuan komunikasi antar siswa yang satu dengan siswa yang lain berbeda-beda sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis yang dikemukakan oleh NCTM dan pendapat dari beberapa ahli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16833

Actions (login required)

View Item View Item