Siti Zubaedah (2009) Hubungan antara phobia matematika (mathophobia) dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan tahun ajaran 2007/2008 / Siti Zubaedah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peranan matematika dalam kehidupan manusia sangat penting. Namun ironisnya sebagian masyarakat terutama siswa menjadikan matematika sebagai suatu hal yang ditakuti dan dihindari. Rasa takut dan cemas terhadap objek yang berkaitan dengan matematika itu disebut Phobia Matematika (Mathophobia). Kecemasan dan ketakutan tersebut akan membuat siswa mempunyai sikap negatif tentang matematika. Hal ini dapat berdampak buruk bagi prestasi yang akan diperoleh siswa karena dari beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar sikap (persepsi) merupakan salah satu faktor yang berperan dalam menentukan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat phobia matematika yang dialami oleh siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan tahun ajaran 2007-2008 2) untuk mengetahui tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan tahun ajaran 2007-2008 3) untuk mengetahui hubungan antara phobia matematika dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan tahun ajaran 2007-2008. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 siswa SMP Negeri I Gondangwetan yang diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala phobia matematika untuk mengidentifikasi phobia matematika dan tes prestasi belajar untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan teknik korelasi Pearson yang pelaksanaannya dibantu program SPSS 13.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan 1) tingkat phobia matematika yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan tahun ajaran 2007-2008 termasuk kategori sedang dan tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan berada pada kategori kurang serta adanya hubungan negatif antara phobia matematika dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Gondangwetan (r - 0 389). Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat phobia matematika yang dialami siswa maka akan semakin rendah prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16799 |
Actions (login required)
View Item |