Sintesis dan karakterisasi adsorben ampas tebu modifikasi asam sitrat / Abdillah Al Farraby - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi adsorben ampas tebu modifikasi asam sitrat / Abdillah Al Farraby

Farraby, Abdillah Al Farraby (0000) Sintesis dan karakterisasi adsorben ampas tebu modifikasi asam sitrat / Abdillah Al Farraby. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi pertanian mempunyai dampak buruk pada lingkungan karena jumlah limbah pertanian yang semakin tidak terkontrol. Limbah pertanian dapat dimanfaatkan menjadi adsorben. Salah satu limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan menjadi adsorben adalah ampas tebu. Ampas tebu dapat digunakan sebagai adsorben karena memiliki kandungan lignoselulosa dan memiliki celah atau pori-pori. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat dan mengetahui karakteristik adsorben ampas tebu modifikasi asam sitrat. Metode penelitian ini mempunyai 2 tahapan yaitu (1) pembuatan ampas tebu sebagai adsorben dengan berbagai perlakuan dan (2) karakterisasi adsorben yang meliputi uji kadar air uji kadar abu uji luas permukaan uji FTIR dan Uji SEM. Penelitian ini berhasil membuat adsorben tanpa perlakuan (A) adsorben modifikasi asam sitrat (B) dan adsorben modifikasi asam sitrat dengan pretreatment delignifikasi (C). Hasil yang diperoleh yaitu kadar abu dan kadar air ketiga adsorben sesuai dengan prasyarat adsorben. Luas permukaan adsorben B mempunyai nilai tertinggi yaitu 144 972 m2/g hal ini terjadi karena pengaruh asam sitrat. Sedangkan adsorben C mempunyai luas permukaan lebih kecil dikarenakan NaOH mempunyai konsentrasi yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan larutnya stuktur dalam ampas tebu dan menutupi pori-pori. Hasil uji FTIR menunjukkan adsorben B dan C mempunyai gugus fungsi hidroksil dan ester. Sturktur permukaan yang dilihat menggunakan SEM menunjukkan adsorben C memiliki permukaan tidak rata dan mempunyai banyak celah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/167895

Actions (login required)

View Item View Item