Pengaruh IL-2 adoptive immunotherapy pada perkembangan tumor / Aris Agung Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh IL-2 adoptive immunotherapy pada perkembangan tumor / Aris Agung Nugraha

Aris Agung Nugraha (2007) Pengaruh IL-2 adoptive immunotherapy pada perkembangan tumor / Aris Agung Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugraha Aris Agung.2007.Pengaruh IL-2 Adoptive Immunotherapy pada Perkembangan Tumor. Skripsi Program Studi Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D (II) Drs. H. Imam Supeno M.S Kata Kunci Tumor Sel Efektor Sitokin (IL-2) IL-2 Adoptive Immunotherapy Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal yang bukan radang. Tumor dibagi dalam dua golongan yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Sepanjang masa ini penelitian tentang tumor telah mengembangkan suatu teknik yang dinamakan Adoptive Immunotherapy. Teknik tersebut diperluas dengan perluasan secara ex vivo dengan menggunakan Interleukin-2 (IL-2) yang disebut IL-2 Adoptive Immunotherapy. Teknik ini diaplikasikan dengan model matematika. Model matematika digunakan untuk mengkaji pengaruh IL-2 Adoptive Immunotherapy pada perkembangan tumor. Model IL-2 Adoptive Immunotherapy menghasilkan suatu titik kesetimbangan ( ). Model ini merupakan model yang tidak bergantung pada parameter yang berubah tiap waktu. Model dimodifikasi dengan menghilangkan parameter s2 dan menambah fungsi tambahan perawatan (x t). Penambahan fungsi perawatan (x t) didasarkan pada asumsi bahwa perawatan bergantung pada parameter yang berubah tiap waktu. Model baru tersebut menghasilkan titik kesetimbangan ( ). Berdasarkan pembahasan IL-2 Adoptive Immunotherapy yang tidak bergantung pada parameter yang berubah tiap waktu tumor musnah akan tetapi IL-2 tidak menurun sehingga menyebabkan keracunan. Sedangkan dengan IL-2 Adoptive Immunotherapy yang bergantung pada parameter yang berubah tiap waktu perawatan bisa dihentikan ketika akan terjadi keracunan sehingga tumor musnah dan IL-2 menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16767

Actions (login required)

View Item View Item