Perancangan dan pembuatan e-learning di Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang / Imroatul Kosia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan dan pembuatan e-learning di Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang / Imroatul Kosia

Imroatul Kosia (2007) Perancangan dan pembuatan e-learning di Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang / Imroatul Kosia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kosia Imroatul. 2007. Perancangan dan Pembuatan E-Learning Di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Darmawan Satyananda S.T M.T (II) Mahmudin Yunus S.Kom Kata Kunci E-Learning. Paradigma baru pendidikan nasional adalah pengembangan pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif program dalam implementasi pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi salah satunya melalui e-learning. Saat ini beberapa perguruan tinggi sedang mengembangkan e-learning sebagai alternatif pembelajaran melalui media internet. Mahasiswa dapat mengakses materi dan tugas matakuliah secara online. Dosen dapat memberikan tugas kepada mahasiswa yang mengikuti matakuliahnya. Hal ini sangat memungkinkan interaksi antara dosen dan mahasiswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Jurusan Matematika sebagai salah satu penyelenggara pendidikan di FMIPA Universitas Negeri Malang saat ini masih menerapkan pendidikan perkuliahan tatap muka yang konvensional. Oleh karena itu penulis merancang dan membuat e-learning Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang yang bertujuan untuk mendukung peningkatan proses pembelajaran yang sudah ada. Skripsi ini merupakan desain sistem informasi e-learning dibuat untuk Jurusan Matematika. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi kepada para pelaku sistem. Data yang digunakan dalam merancang program ini terdiri atas data mahasiswa dosen matakuliah silabus matakuliah jadwal kuliah dan gamabar. Implementasi program dilakukan menggunakan aplikasi PHP MySQL dan Macromedia MX. Selain itu testing program ini dilakukan oleh teman dan dosen pembimbing skipsi sehingga program dapat sesuai dengan rancangan yang diharapkan. Sistem ini diperuntukkan bagi 4 macam user yaitu User Admin User Dosen User Mahasiswa dan User Umum. Masing-masing user mempunyai hak akses yang berbeda sesuai dengan levelnya. User admin memiliki hak akses penuh dalam sistem ini yaitu dapat mengedit mengupdate dan mendelete data yang ada pada sistem serta mengirim berita. User Dosen dapat melihat keseluruhan informasi mengupload materi matakuliah dan tugas mengisi berita dan menjawab pertanyaan mahasiswa melalui FAQ (Frequently Asked Question) serta melihat laporan keaktifan mahasiswa dalam mengakses e-learning. User mahasiswa dapat melihat keseluruhan informasi serta mempunyai hak untuk melihat dan mendownload materi kuliah dan tugas dari matakuliah yang telah diprogram pada semester tertentu serta mengirimkan tugasnya. Selain itu mahasiswa juga dapat bertanya kepada dosen melalui fasilitas FAQ. Sedangkan User Umum hanya dapat melihat isi informasi secara global dan tidak mempunyai hak untuk mendownload materi atau tugas dari dosen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16742

Actions (login required)

View Item View Item