Pengembangan modul bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas IX / Farah Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas IX / Farah Azizah

Farah (2012) Pengembangan modul bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan model penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas IX / Farah Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul bilangan berpangkat bentuk akar penemuan terbimbing Kemampuan dalam membuat dan mengembangkan bahan ajar merupakan kemampuan yang harus terus menerus ditingkatkan oleh setiap guru. Bahan ajar memiliki banyak ragam atau bentuk dan salah satu bentuk bahan ajar yang mudah dibuat oleh guru adalah bahan ajar dalam bentuk cetak misalnya modul. Dengan menggunakan modul siswa dapat belajar sesuai cara dan kemampuannya masing-masing. Berdasarkan pengamatan selama ini modul yang disusun secara individu oleh guru masing-masing sekolah hanya menyajikan materi secara langsung dimana siswa hanya diberi daftar rumus atau sifat operasi. Salah satu materi matematika yang memuat banyak sifat operasi adalah materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Dalam penyajian materi ini siswa hanya dituntut untuk menghafal sifat-sifat operasi tersebut tanpa memahami konsep sehingga materi sulit diingat dan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah ini adalah model pembelajaran penemuan terbimbing. Dengan model penemuan terbimbing peran siswa cukup besar karena karena pembelajaran tidak lagi terpusat pada guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul berbasis model penemuan terbimbing. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Plomp. Data yang diperoleh berupa modul angket dan lembar wawancara. Uji coba dilakukan oleh ahli praktisi dan kelompok kecil siswa (enam orang). Hasil penelitian dalam skripsi ini menyimpulkan bahwa modul adalah valid. Berdasarkan hasil angket dapat ditunjukkan bahwa siswa memahami proses penemuan konsep dari materi bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam modul. Berdasarkan hasil wawancara tampilan modul sangat menarik sehingga siswa merasa senang dalam mempelajari modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16721

Actions (login required)

View Item View Item