Penerapan realistic mathematics education (RME) dalam pembelajaran bangun ruang prisma dan limas untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Malang / Humaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan realistic mathematics education (RME) dalam pembelajaran bangun ruang prisma dan limas untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Malang / Humaidi

UNSPECIFIED (2010) Penerapan realistic mathematics education (RME) dalam pembelajaran bangun ruang prisma dan limas untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Malang / Humaidi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Humaidi. 2009. Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Bangun Ruang Prisma dan Limas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Slamet M.Si (II) Dr. Sisworo S.Pd M.Si Kata kunci Realistic Mathematics Education (RME) Bangun ruang Prisma dan Limas Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMPN 5 Malang diketahui bahwa siswa kelas VIII D cenderung kesulitan dalam memahami materi bangun ruang hal ini ditunjukkan dengan adanya fakta yaitu rata-rata ulangan harian 38 siswa pada materi bangun ruang (kubus dan balok) yang rendah yaitu 68 4 dan presentase ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 60 5%. Lebih lanjut diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas masih berpusat pada guru sehingga siswa cepat merasa bosan dan kurang antusias saat mengikuti pembelajaran bahkan siswa lebih fokus menghafalkan rumus secara instan daripada proses pembelajaran itu sendiri. Memahami adanya masalah tersebut perlu kiranya dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan senang dalam belajar serta tidak hanya memahami materi sebatas rumus yang tertulis di buku teks saja dalam hal ini peneliti menerapkan Realistic Mathematics Education (RME). RME merupakan suatu pendekatan yang memfasilitasi siswa dengan kegiatan-kegiatan yang mengarahkan siswa untuk menemukan ide matematika melalui permasalahan sehari-hari. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan pembelajaran bangun ruang prisma dan limas menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VIII SMPN 5 Malang meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang prisma dan limas melalui pembelajaran menggunakan RME dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran bangun ruang prisma dan limas menggunakan RME. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2009 hingga 26 Mei 2009 dengan subyek penelitian adalah kelas siswa kelas VIII D SMPN 5 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penerapan RME pada pembelajaran bangun ruang prisma dan limas dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan dilakukan pembelajaran luas permukaan prisma dan limas. Setelah dilakukan refleksi dari pembelajaran pada Siklus I dilaksanakan Siklus II (2 pertemuan) dengan materi yaitu volume bangun ruang prisma dan limas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bangun ruang prisma dan limas menggunakan RME telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai tes dan ketuntasan klasikal pada siklus II yaitu berturut-turut adalah 82 4 dan 81 1%. Respon siswa terhadap pembelajaran bangun ruang prisma dan limas menggunakan RME adalah positif. Siswa senang dan antusias belajar terutama dengan adanya alat peraga peraga yang digunakan. ii Saran yang dapat diberikan adalah RME layak dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran matematika di sekolah dan dalam pelaksanaannya hendaknya guru/peneliti memperhatikan pengelolaan waktu dan penggunaan alat peraga yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16406

Actions (login required)

View Item View Item