Penerapan problem based learning dan make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Wahid Hasyim Malang pada subpokok bahasan persamaan linear satu variabel / Amanatus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning dan make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Wahid Hasyim Malang pada subpokok bahasan persamaan linear satu variabel / Amanatus Sholihah

Amanatus (2010) Penerapan problem based learning dan make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Wahid Hasyim Malang pada subpokok bahasan persamaan linear satu variabel / Amanatus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

2 ABSTRAK Sholihah Amanatus. 2009. Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Make A Match Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Wahid Hasyim Malang Pada Subpokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Drs. Sudirman M.Si. Kata kunci Problem Based Learning Make a match Aktivitas dan hasil belajar Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Pembelajaran matematika di SMP Wahid Hasyim Malang terutama untuk bahasan membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel (PLSV) masih menggunakan metode konvensional yang pada umumnya berakibat siswa menghafal cara-cara yang diberikan melalui contoh oleh guru. Selain itu siswa masih bingung untuk menentukan variabel atau konstanta dari suatu masalah yang berkaitan dengan PLSV. Metode pembelajaran konvensional masih terus diterapkan di SMP Wahid Hasyim Malang karena meskipun guru mempunyai pengetahuan tentang metodemetode pembelajaran yang lain mereka enggan mencobanya di kelas karena akan memakan waktu yang terlalu lama sehingga dikhawatirkan materi tidak akan selesai pada waktu yang telah ditentukan. Hal ini yang membuat guru masih saja menerapkan metode ceramah. Dalam pembelajaran juga dibutuhkan suasana yang menyenangkan mendukung keterampilan belajar dan interaksi aktif baik antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa. Salah satu pendekatan pembelajaran yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa dan untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa SMP Wahid Hasyim Malang dalam kelas terutama pada materi membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel adalah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning dan Make a match. Dalam Problem Based Learning pembelajaran dipusatkan pada siswa melalui pemberian masalah di awal pembelajaran yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis kreatif dan mempunyai keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan konsep dasar dari materi yang diajarkan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan adanya pengorganisasian siswa untuk belajar melakukan penyelidikan dan diakhiri dengan penyajian hasil karya serta pengevaluasian proses pemecahan masalah. Setelah siswa memperoleh konsep dengan membangunnya sendiri mereka dapat berlatih untuk menyelesaikan masalah dengan permainan kartu berpasangan (Make a match). Disini siswa dapat belajar sambil bermain sehingga tercipta suasana yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan Problem Based Learning dan Make a match untuk melihat aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Wahid Hasyim Malang pada materi membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah 3 yang berkaitan dengan PLSV. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan orientasi siswa kepada masalah selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbingnya dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi. Penelitian ini termasuk penelitian terapan dan termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini model PTK yang digunakan adalah rancangan penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Sedangkan ditinjau dari tingkat penjelasan data termasuk dalam penelitian deskriptif karena peneliti mengumpulkan data berupa kata-kata atau kalimat dan bukan angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 banyaknya siswa yang tuntas belajar dengan subpokok bahasan membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan PLSV adalah 73 4%. Berdasarkan kekurangan-kekurangan yang ditemukan pada siklus 1 maka dilakukan beberapa perbaikan pada siklus 2 yaitu meningkatkan pengelolaan kelas dan pemberian motivasi belajar yang lebih. Pada siklus 2 banyaknya siswa yang tuntas belajar dengan subpokok bahasan menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan PLSV menjadi 82 3%. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan SMP Wahid Hasyim Malang pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 80% siswa mendapat nilai minimal 65 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Problem Based Learning dan Make a match dalam penelitian ini berhasil. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa yang masuk dalam kategori Sedang pada siklus 1 dan masuk kategori baik pada siklus 2 serta hasil angket terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang dan memberikan respons yang positif terhadap pembelajaran dengan Problem Based Learning dan Make a match. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini beberapa saran yang dapat diberikan adalah (1) memilih pendekatan pembelajaran yang tepat agar memicu semangat dan aktifitas belajar siswa seperti Problem Based Learning dan Make a match (2) menerapkan pendekatan Problem Based Learning pada materi-materi yang sesuai untuk menggunakan pendekatan pembelajaran tersebut karena dapat meningkatkan hasil belajar dalam penguasaan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item View Item