Implementasi pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 4 Malang / Imrohma - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 4 Malang / Imrohma

UNSPECIFIED (2010) Implementasi pembelajaran matematika realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VIII SMPN 4 Malang / Imrohma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

4 ABSTRAK Imrohma. 2009. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyana M.Pd (II) Drs. H.A.R.As ari M.Pd M.A. Kata kunci Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Aktivitas Belajar Siswa Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru matematika kelas VIII D SMP Negeri 4 Malang diperoleh informasi bahwa guru menerapkan pendekatan pembelajaran Matrmatika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran Matematika. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PMRI ini siswa pasif dan sedikit sekali aktivitas belajar yang dilakukan. Siswa yang aktif hanya didominasi oleh siswa yang tergolong pandai. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menemukan bagaimana cara agar siswa yang lain juga ikut terlibat aktif dalam pembelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah penelitian. Bagaimana Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII D SMPN 4 Malang . Peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk pemecahan permasalahan penelitian ini. Siklus pertama peneliti menerapkan kupon bertanya dalam pembelajaran yaitu setiap siswa mempunyai dua kupon bertanya. Akan tetapi hasil penelitian pada siklus pertama ini tidak memenuhi kriteria keberhasilan suatu tindakan. Meskipun aspek keaktifan 80% dengan taraf keberhasilan baik tetapi aspek penyelesaian tugas hanya 50% dengan taraf keberhasilan cukup dan aspek diskusi 60% dengan taraf keberhasilan cukup. Sehingga siklus tersebut belum dapat dikatakan berhasil maka diadakan siklus 2 untuk perbaikan. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus 2 yaitu aspek keaktifan 93 3% dengan taraf keberhasilan sangat baik aspek penyelesaian tugas 90% dengan taraf keberhasilan sangat baik dan aspek diskusi 84%dengan taraf keberhasilan baik. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah penelitian Bagaimana Implementasi Pembelajaran Matematika Realistic Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII D SMPN 4 Malang yaitu dengan menerapkan kartu kupon bertanya pada setiap siswa dalam pembelajaran. Kupon ini akan membatasi dominasi anggota kelompok dan mendorong siswa lain untuk aktif dalam penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16400

Actions (login required)

View Item View Item