Pengembangan media interaktif tema sehat itu penting untuk meningkatkan hasil belajar dan literasi digital pada kelas v sekolah dasar / Rela Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif tema sehat itu penting untuk meningkatkan hasil belajar dan literasi digital pada kelas v sekolah dasar / Rela Rahmah

Rahmah, Rela Rahmah (0000) Pengembangan media interaktif tema sehat itu penting untuk meningkatkan hasil belajar dan literasi digital pada kelas v sekolah dasar / Rela Rahmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem peredaran darah merupakan sebuah materi abstrak yang secara keseluruhan dapat dilihat menggunakan alat bantu seperti video maupun animasi. Hasil analisis lapangan menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam proses belajarnya dan butuh motivasi belajar. Siswa mengakui bahwa lebih senang belajar tematik menggunakan komputer. Selain itu materi di buku siswa juga masih kurang lengkap sehingga guru membutuhkan sumber lain dalam pembelajaaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menciptakan produk media interaktif Tema Sehat itu Penting untuk meningkatkan hasil belajar dan literasi digital siswa kelas V SD. Pengembangan produk media pada penelitian ini menggunakan model ADDIE (2009) yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) analisis (2) desain (3) develop atau mengembangkan (4) implementasi dan (5) evaluasi. Uji coba dilakukan di SD Islam Surya Buana Kota Malang. Produk yang digunakan sebelumnya harus dinyatakan layak dengan memenuhi kritera kevalidan kepraktisan dan keefektifan. Subjek dari penelitian ini meliputi ahli media ahli materi guru dan siswa kelas V SD dengan melalui tahap validasi uji coba skala kecil dan uji lapangan. Uji coba lapangan dilaksanakan pada dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Jumlah siswa yang dijadikan sampel pada kelas eksperimen sebanyak 12 orang dan kelas kontrol sebanyak 14 orang. Hasil kelayakan produk media diketahui melalui kevalidan dari ahli media 95% ahli materi mendapatkan 97% kepraktisan oleh guru 83% dan siswa 86% serta keefektifan untuk literasi digital mendapatkan persentase 82 2%. Hasil uji anacova untuk hasil belajar menggunakan desain pretest posttest yang didapat signifikansi sebesar 0 036 lt 0 05 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran konvensional. Selain itu juga didapatkan kenaikan literasi digital di kelas eksperimen sebanyak 48 86% selama tiga pertemuan. Media interaktif Tema Sehat itu Penting disarankan menjadi media alternatif yang bisa dimanfaatkan guru yang menginginkan pembelajaran tematik sekaligus meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi. Sebagai tindak lanjut produk penelitian berikutnya dapat mengembangkan media interaktif yang sejenis dengan penyajian isi yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161919

Actions (login required)

View Item View Item