tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana sekolah dasar program pengembangan adiwiyata di kabupaten malang / nurhikmah isnaeni - Repositori Universitas Negeri Malang

tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana sekolah dasar program pengembangan adiwiyata di kabupaten malang / nurhikmah isnaeni

Nurhikmah Isnaeni (2021) tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana sekolah dasar program pengembangan adiwiyata di kabupaten malang / nurhikmah isnaeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan variabel penting dalam pembentukan perilaku peduli lingkungan. Perilaku manusia yang peduli terhadap lingkungan dapat dibentuk melalui pendidikan selama ia menjadi seorang siswa di sekolah. Tantangan keberadaan Indonesia yang memiliki potensi bencana baik alam maupun sosial menuntut agar generasi yang akan datang tanggap dan mampu menghadapi bencana yang terjadi. Penanaman sikap peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa memang sudah diterapkan melalui program Adiwiyata dan Sekolah Siaga Bencana (SSB). Namun keduanya tidak menyatu dalam satu kesatuan program. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) perbedaan tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana siswa Sekolah Dasar Program Pengembangan Adiwiyata di Kabupaten Malang berdasarkan lokasi sekolah (2) perbedaan tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana Guru Sekolah Dasar Program Pengembangan Adiwiyata di Kabupaten Malang berdasarkan lokasi sekolah dan (3) perbedaan tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana Sekolah Dasar Program Pengembangan Adiwiyata di Kabupaten Malang berdasarkan lokasi sekolah. Metode penelitian menggunakan metode survey yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Program Pengembangan Adiwiyata di Kabupaten Malang. Studi kualitatif dilaksanakan melalui wawancara dengan Kepala Sekolah dan observasi di 10 sekolah sampel yang dipilih secara purposive sampling untuk mendapatkan data deskriptif. Sedangkan studi kuantitatif dilaksanakan dengan menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada guru dan siswa serta coordinator pelaksana program Adiwiyata di sekolah. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis Uji Independent Sample T-test menggunakan SPSS 22 for windows. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan antara tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan siswa berdasarkan lokasi sekolah. Tingkat kepedulian lingkungan siswa dari sekolah wilayah desa memiliki memiliki presetase yang lebih tinggi dibandingkan siswa dari sekolah wilayah kota. Tingkat kesiapsiagaan bencana siswa dari sekolah wilayah desa memiliki presentase lebih baik dibandingkan siswa dari sekolah wilayah kota. (2) Terdapat perbedaan antara tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan bencana guru berdasarkan lokasi sekolah. Tingkat kepedulian lingkungan guru dari sekolah wilayah kota termasuk dalam kriteria sangat baik dan lebih tinggi dibandingkan guru dari sekolah di wilayah desa. Tingkat kesiapsiagaan bencana guru dari sekolah wilayah desa sedikit lebih baik dibandingkan guru dari sekolah wilayah kota. (3) Terdapat perbedaan pada tingkat kepedulian lingkungan dan kesiapsiagaan sekolah berdasarkan lokasi sekolah ditinjau dari fasilitas sekolah yang dimiliki dan kebijakan yang diterapkan. Tingkat kepedulian lingkungan sekolah wilayah kota memiliki presentase yang lebih tinggi dibandingkan sekolah wilayah desa. Tingkat kesiapsiagaan bencana sekolah dari wilayah kota memiliki presentase lebih tinggi dibandingkan sekolah dari wilayah desa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S2 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 07:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161905

Actions (login required)

View Item View Item