Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika bentuk cerita siswa kelas V MI Hidayatus Sibyan Kelurahan Wonokoyo Kota Malang / oleh Nawiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika bentuk cerita siswa kelas V MI Hidayatus Sibyan Kelurahan Wonokoyo Kota Malang / oleh Nawiyah

UNSPECIFIED (2005) Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika bentuk cerita siswa kelas V MI Hidayatus Sibyan Kelurahan Wonokoyo Kota Malang / oleh Nawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sampais aati ni kemampuans iswa dalam bermatematikam asihr elatif rendah baik di tingkat SD/ MI SLTP maupunS MU. Padad asarnyak emampuans iswad alam bermatematikatid ak dapatd ipisahkand ari kemampuanm emecahkanm asalah matematikay ang terkait denganm asalahk ehidupans ehari-hari.B erkaitand engan kemampuanm emecahkanm asalahm atematik4 siswad ikatakanm ampu memecahkanm asalaha pbila siswa sudahm ampum enganalisiss uatum asalah sehinggad iperolehs uatuc aray ang tepat dan benaru ntuk memperolehs elesaiana tau kesimpulanN. amun demikian a pabilas iswad alam melakukanp rosesm enemukan selesaians eringm elakukans uatuk esalahanm aka hal ini berarti kemampuannya dalamm emecahkanm asalahm asih rendah.B erdasarkanh al ini peneliti mengadakan konsultasi atau wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas V. Informasi yangd iperoleha dalahm asih rendahnyak emampuans iswad alamm enge akans oal matematikad alamb entukc erita. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mendeskripsikank esalahans iswad alam mengerjakans oal matematikab enfukc erit4 menuri letak kesalahany ang paling banyak dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika bentuk cerita. Pendekatanya ng dipakai padap enelitiani ni adalahp endekatank ualitatifdanjenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif Subyek penelitian ini adalah siswak elasV MI HidayatusS ibyan.P engumpuland ata dilakukanm elalui tes tertulis danw awancaraW. awancarad ilalcukand engan3 orangs ubyek. Berdasarkanh asil pengamatana taup enelitian s iswad alamm engerjakans oal matematikab entukc erita masihm elakukank esalahanL. etak kesalahany ang dilakukan siswa adalah (l) Siswa tidak menuliskan apa yang diketahui (2) Siswa tidak menuliskan apa yang ditanyakan (3) Siswa kesulitan dalam mentransfer informasi dalam soal bentuk cerita kebentuk matematika (4) Siswa kurang teliti dalamm elakukank omputasi ( 5) Siswat idak menuliskank esimpulanja waban. Sedangkanle tak kesalahany ang paling banyakd ilakukan adalah ( l) Siswat idak menuliskan apa yang diketahui (2) Siswa tidak menuliskan apa yang ditanyakan. Berdasarkanh asil wawancarad engans ubyekp enelitian f aktor penyebabk esalahan yang dilakukan siswad alam mengerjakans oal matematikab entukc erita adalahs iswa tidak terbiasa menjawab soal cerita secara lengkap dengan tidak menuliskan apa yang diketahudi anapayangditanyakandarsio al.S elainitu k esalahanyangdilahrkan siswaj uga disebabkano leh guru yangt idak mewajibkana taum engharuskansi swa dalam menjawab soal cerita secara lengkap dan jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16189

Actions (login required)

View Item View Item