Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Malang materi teorema Pythagoras / Randiva Ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Malang materi teorema Pythagoras / Randiva Ramadani

Ramadani, Randiva (2019) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Malang materi teorema Pythagoras / Randiva Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ramadani Randiva. 2019. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Discovery Learning untuk meningktkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Malang Materi Teorema Pythagoras. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci Discovery Learning Hasil Belajar Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 7 Malang yang dilakukan oleh peneliti pada observasi awal dapat diketahui bahwa hasil tes paling rendah khususnya pada kelas VIII di semester genap tahun lalu terdapat pada materi Teorema Pythagoras. Selain itu berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa kelas IX mengenai materi Teorema Pythagoras masih banyak siswa yang belum memahami konsep tentang Teorema Pythagoras. Pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru menggunakan metode ekspositori terkadang juga menggunakan pembelajaran kooperatif namun pelaksanaannya masih belum maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dipilih pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Malang pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilaksanakan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2019 sampai dengan 8 Januari 2019 sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2019 sampai dengan 15 Januari 2019. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H di SMP Negeri 7 Malang pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi 1) hasil lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis Discovery Learning yang dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1)presentasi kelas (2)teams (belajar kelompok) (3)games tournament dan (4) penghargaan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang pada materi Teorema Pythagoras. Presentase ketuntasan hasil tes akhir siklus I sebesar 50% atau 15 siswa mendapat nilai di atas KKM dan siklus II 90% atau 27 siswa mendapat nilai di atas KKM sehingga terjadi peningkatan sebesar 40% dari siklus I ke siklus II. ii Sesuai dengan kriteria keberhasilan lebih dari 75% siswa sudah mencapai nilai KKM serta hasil observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa yang berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian penelitian ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16178

Actions (login required)

View Item View Item