Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi persamaan garis lurus dengan media manipulatif / Karnila Putri Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi persamaan garis lurus dengan media manipulatif / Karnila Putri Anggraeni

Anggraeni, Karnila Putri (2019) Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi persamaan garis lurus dengan media manipulatif / Karnila Putri Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggraeni Karnila Putri. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Persamaan Garis Lurus dengan Media Manipulatif. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M. A. Kata Kunci model pembelajaran discovery learning peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan pada bulan September 2018 dengan guru matematika kelas VIII B SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang diperoleh bahwa selama proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) peserta didik masih banyak yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Sebagian besar kesalahan tersebut terletak pada pemahaman konsep peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran discovery learning yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang materi Persamaan Garis Lurus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan subjek 33 peserta didik kelas VIII B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data hasil belajar peserta didik menggunakan tes akhir siklus. Sedangkan selama proses pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru peserta didik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kuis dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah divalidasi dan dinyatakan valid. Kriteria Keberhasilan Tindakan (KKT) dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran minimal berkategori baik dan hasil belajar peserta didik secara klasikal minimal berkategori cukup baik atau banyaknya persentase peserta didik yang mendapatkan skor minimal 75 sebanyak minimal 75%. Penelitian ini berakhir pada siklus II karena pada akhir siklus I belum memenuhi Kriteria Keberhasilan Tindakan (KKT). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran discovery learning yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik meliputi fase - fase (1) stimulation (2) problem statement (3) data collection (4) data processing (5) verification dan (6) generalization. Berdasarkan fase - fase tersebut terdapat fase yang paling mempengaruhi dalam peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang yaitu pada fase data collection fase data processing dan fase verification. Pada fase data collection ini guru memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi apapun secara sendiri atau mandiri sehingga kemampuan menalar peserta didik sangat diperlukan guna membantu peserta didik mengumpulkan informasi yang akan dijadikan sebagai bahan atau modal dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan juga peserta didik dapat mengetahui benar atau salah mengenai jawaban sementara yang telah diajukan sebelumnya pada fase problem statement. Selanjutnya yaitu fase data processing fase ini menciptakan proses pembentukan konsep peserta didik dan peserta didik dapat memperoleh pengetahuan baru guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Terakhir yaitu fase verification fase ini memberikan suatu kondisi kepada peserta didik untuk memeriksa kembali secara menyeluruh jawaban yang telah diberikan menggunakan teori yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16177

Actions (login required)

View Item View Item