Febrianto, Indra Febrianto (2021) studi eksplanatori kesiapan calon guru ekonomi era disruptive education ditinjau dari persepsi tentang profesi guru, locus of control, dan keefektifan ppl dengan lingkungan sosial sebagai variabel moderasi / indra febrianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Era Distruptive Education tentu akan menggeser kompetensi yang dimiliki oleh calon pengajar terutama di perguruan tinggi. Selain kompetensi dasar yang harus dimiliki guru juga harus menyesuaikan standart yang sedang berkembang. Setidaknya terdapat 5 kompetensi untuk dapat survive di era distruptive education ini yaitu educational competence competence for technological commercialization competence of globalization competence in the future strategies and conselor competence. Dalam memenuhi kompetensi ini diperlukan input yaitu persepsi tentang profesi guru locus of control keefektifan PPL dengan dipengeruhi oleh lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesiapan calon guru ekonomi di era disruptice education di tinjau dari persepsi tentang profesi guru locus of control dan keefektifan PPL dengan lingkungan sosial sebagai variable moderating. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 di Perguruan Tinggi Negeri Eks-IKIP di Jawa Timur berjumlah 215 mahasiswa. Sampel dihitung dengan menggunakan teknik slovin sehingga diperoleh sample sebanyak 140 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuisioner yang berhubungan dengan masing-masing variable. Pengujian instrumen yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Realibilitas Analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik yang meliputi uji normalitas uji heteroskedasititas dan uji multikolinieritas. Untuk menguji hipotesis peneliti menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) Koefisien Determinasi (R sup2 ) dan Uji Parsial (Uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi tentang profesi guru locus of control dan keefektifan PPL berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan calon guru ekonomi di era disruptive education. Hal ini sekaligus mengkonfirmasi kebenaran teori keterlibatan (student involvement theory) teori persepsi sosial teori hambatan perilaku dan teori koneksionalisme. Adanya pengaruh ini dikarenakan stimulus yang diberikan kepada faktor input calon guru ekonomi yaitu persepsi tentang profesi guru locus of control dan keefektifan PPL untuk mencapai ourcome mereka yaitu kesiapan menjadi guru di era disruptive education. Penelitian ini juga mengkonfirmasi bahwa lingkungan sosial bukan hanya dapat menjadi variabel moderasi namun juga dapat menjadi variabel independent. Namun lingkungan sosial tidak dapat memoderasi pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan calon guru ekonomi di era ini dikarenakan kondisi pandemic covid-19 saat pengambilan data penelitian. Hal ini berakibat pada rendahnya stimulus untuk membentuk persepsi tentang profesi guru dari lingkungan sosial yang dapat mempengaruhi kesiapan calon guru ekonomi ini. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang dijadikan sebagai variabel moderasi secara lebih spesifik dan sesuai dengan karakter subjek penelitian. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan kombinasi metode pengumpulan data secara lebih dalam seperti wawancara maupun observasi. Kombinasi ini nantinya akan semakin menambah keakuratan dari hasil penelitian yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161481 |
Actions (login required)
View Item |