Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII / Mitafatul Inayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII / Mitafatul Inayah

Inayah, Mitafatul (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII / Mitafatul Inayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Inayah Mitafatul. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Kata Kunci Contextual Teaching Learning (CTL) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Lingkaran Pembelajaran yang berlaku di Indonesia menekankan pembelajaran student-centered. Peran guru yang tadinya hanya pendidik dan korektor sekarang berkembang pula menjadi fasilitator mediator inspirator informator dan evaluator. Oleh karena itu guru membutuhkan bahan ajar agar siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Bahan ajar yang disediakan oleh sekolah pada umumnya hanya buku paket Matematika yang diterbitkan oleh kemendikbud. Mayoritas peserta didik dan guru belum bisa mendapatkan buku paket yang sesuai kurikulum karena kurikulum masih tergolong baru. Guru dapat membuat bahan ajar dalam bentuk LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai solusi. Beberapa hal yang membuat LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) cocok dengan peserta didik yaitu peserta didik dapat bekerja aktif membangun keterkaitan dan mengembangkan setiap individu masing-masing. Peserta didik akan dilatih secara sistematis dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengembangkan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi lingkaran Kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model 4-D (Hobri 2010) yang terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define) tahap perancangan (design) tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun peneliti memodifikasi model tersebut menjadi 3D sehingga tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan oleh peneliti karena keterbatasan tenaga dan biaya. Pada penelitian ini akan diadakan tiga tes uji yakni uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator yakni satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi yaitu guru matematika SMP. Setelah LKPD dinyatakan valid maka LKPD diujicobakan pada sembilan peserta didik SMP kelas VIII yang akan menempuh materi lingkaran sebagai subjek uji coba. Uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan lembar observasi kegiatan peserta didik yang diisi oleh dua mahasiswa matematika dan lembar angket peserta didik yang diisi oleh sembilan peserta didik sebagai subjek uji coba. Sedangkan uji keefektifan produk dilakukan melalui tes tulis kepada subjek uji coba setelah menggunakan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) uji kevalidan dinyatakan valid berdasarkan skor kevalidan LKPD yaitu 3 67 dengan kriteria valid (2) uji vi kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan lembar observasi peserta didik dengan skor 3 31 dengan kriteria praktis dan angket peserta didik dengan skor 3 54 dengan kriteria praktis (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukkan 88 89% peserta didik mendapatkan nilai di atas 77 (KKM). Dengan demikian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII dinyatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16108

Actions (login required)

View Item View Item