Pengembangan lembar kegiatan peserta didik pada materi lingkaran berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Fashihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan peserta didik pada materi lingkaran berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Fashihah

Fashihah (2018) Pengembangan lembar kegiatan peserta didik pada materi lingkaran berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing / Fashihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Fashihah. 2018. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik pada Materi Lingkaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M. Pd Kata Kunci pengembangan lembar kegiatan peserta didik pendekatan saintifik model penemuan terbimbing Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) merupakan tugas-tugas yang dapat membantu peserta didik untuk memahami bahan ajar atau materi pembelajaran. LKPD perlu dirancang untuk membantu peserta didik memahami materi dengan memfasilitasi peserta didik agar dapat belajar secara aktif dan memberikan kesempatan untuk mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri. Menurut hasil observasi proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 8 belum menggunakan LKPD sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam mengkonstruk suatu konsep matematika. Agar penggunaan LKPD pada saat pembelajaran dapat mencapai tujuan maka diperlukan RPP untuk membantu guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan LKPD pada materi lingkaran serta RPP sebagai pelengkap LKPD saat melakukan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) materi lingkaran berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp. Tahap pengembangan menurut Hobri (2010 17) yaitu (1) tahap investigasi awal (2) tahap perencanaan (3) tahap pengembangan dan (4) tahap tes evaluasi revisi. Kualitas LKPD didasarkan pada hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan validator praktisi yang terdiri dari satu orang guru matematika. Sedangkan untuk uji kepraktisan peneliti menggunakan Lembar Observasi Kegiatan Guru Lembar Observasi Kegiatan Peserta Didik yang diisi oleh dua teman sejawat sebagai observer Lembar Angket Respon Peserta Didik yang diisi oleh 30 peserta didik sebagai subjek uji coba serta wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru model dan beberapa peserta didik. Uji keefektifan dilakukan dengan menggunakan tes yang diberikan pada 30 peserta didik kelas VIII yang telah melakukan pembelajaran dengan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) uji kevalidan dinyatakan valid berdasarkan skor kevalidan LKPD adalah 3 98 dengan kriteria valid dan skor kevalidan RPP adalah 3 59 dengan kriteria valid (2) uji kepraktisan dinyatakan praktis berdasarkan skor Lembar Observasi Kegiatan Guru adalah 3 51 dengan kriteria praktis skor Lembar Observasi Kegiatan Peserta Didik adalah 3 26 dengan kriteria praktis skor Lembar Angket Respon Peserta Didik adalah 3 24 dengan kriteria praktis serta produk juga dinyatakan praktis berdasarkan wawancara guru dan beberapa peserta didik yang tidak mengalami kesulitan saat melakukan vii pembelajaran dengan menggunakan produk yang telah dikembangkan (3) uji keefektifan berdasarkan hasil tes menunjukkan 80% peserta didik dikelas mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 81. Dengan demikian LKPD pada materi lingkaran berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan model penemuan terbimbing dinyatakan valid praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16106

Actions (login required)

View Item View Item