Ediningrum, Christina Tri (2010) Pengembangan paket pelatihan asertivitas (PPA) dalam membina hubungan dengan teman sebaya bagi siswa SMP / Christina Tri Ediningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ediningrum Christina Tri. 2008. Pengembangan Paket Pelatihan Asertivitas dalam Membina Hubungan dengan Teman Sebaya bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd. (II) Muslichati S.Ag. M.Pd. Kata kunci paket pelatihan asertivitas teman sebaya. Siswa SMP berada pada masa remaja awal sering mengalami permasalahan penyesuaian diri dan sosial. Remaja harus menyesuaikan diri dengan orang lain selain anggota keluarganya khususnya dengan teman sebaya. Remaja yang tidak memiliki keterampilan asertif akan berpengaruh pada optimalisasi perkembangan sebagai pribadi warga masyarakat dan calon pekerja ketika dia selesai jenjang pendidikannya. Berdasarkan need assessment yang dilakukan pada tanggal 13 Mei 2008 oleh penulis kepada siswa sekitar 90% siswa membutuhkan informasi dan pelatihan mengenai asertivitas. Pelatihan asertivitas sangat efektif diberikan pada siswa agar siswa memiliki pengetahuan tentang asertivitas dan dapat meningkatkan keterampilan asertif yang dimiliki. Sedangkan hasil wawancara dengan konselor sekolah yaitu adanya program bimbingan dan pelatihan keterampilan asertif untuk siswa tetapi sekolah belum memiliki paket pelatihan asertivitas yang dapat digunakan sebagai panduan konselor dalam melaksanakan pelatihan asertivitas untuk mengembangkan keterampilan asertif siswa khususnya dalam membina hubungan dengan teman sebaya. Tujuan pengembangan ini yaitu menyusun paket pelatihan yang digunakan konselor sebagai buku panduan dalam membantu mengembangkan kemampuan keterampilan asertif dalam membina hubungan dengan teman sebaya bagi siswa SMP. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa buku panduan pelatihan asertivitas untuk konselor buku panduan untuk siswa dan materi pelatihan asertivitas yang sesuai dan berterima dari segi kegunaan kemudahan kemenarikan dan keakuratan. Draf Paket Pelatihan Asertivitas (PPA) ini merupakan adaptasi dari model Galassi Galassi (1977) berisi enam (6) jenis keterampilan yang dilatihkan yaitu (1) keterampilan memulai dan melangsungkan percakapan (2) keterampilan meminta bantuan (3) keterampilan menolak permintaan (4)keterampilan mengungkapkan pikiran/pendapat (5) keterampilan mengungkapkan kekecewaan (6) keterampilan mengekspresikan dan mengatasi kemarahan. Keunggulan model Galassi Galassi (1977) yaitu dapat digunakan oleh konselor sebagai pemberian pelatihan secara individual untuk siswa dan dapat diterapkan juga sebagai pemberian pelatihan secara kelompok. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang mengacu pada model teori prosedural Borg Gall (1983).Tahap pada prosedur pengembangan yaitu (1) perencanaan (2) pengembangan produk awal dan (3) uji coba produk. Uji coba yang dilakukan pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada uji ahli dan uji kelompok kecil yaitu calon pengguna paket pelatihan asertivitas (PPA) sedangkan uji lapangan tidak sampai dilakukan. Penilai paket ada empat orang ahli yang terdiri dari seorang dosen Bimbingan seorang dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dan dua orang konselor SMP. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan skala penilaian yang terdiri atas draf PPA dan format uji ahli. Hasil analisis persentase dari keempat ahli yang menilai draf PPA yaitu seorang ahli Bimbingan menunjukkan pemilihan pada skala 3 (sesuai) berjumlah 14 item menghasilkan skor 42 dengan memperoleh persentase 100%. Seorang ahli Bahasa menunjukkan pemilihan skala 4 (sangat sesuai) berjumlah 3 item menghasilkan skor 12 dengan memperoleh persentase 43%. Dua orang konselor SMP sebagai calon pengguna produk masing-masing menunjukkan pemilihan pada skala 3 (sesuai) berjumlah 12 item menghasilkan skor 36 dengan memperoleh persentase 85.7%. Hasil rerata persentase dari keseluruhan ahli adalah 78.6% tergolong pada kualifikasi sesuai dinilai dari aspek isi bahasa dan kelayakan penggunaan paket. Berdasarkan hasil penilaian dari keempat ahli dapat disimpulkan bahwa PPA dapat digunakan oleh konselor SMP sebagai buku panduan praktis dalam memberikan pelatihan asertivitas khususnya dalam membina hubungan dengan teman sebaya karena telah acceptable secara teoritik. Saran-saran yang diberikan oleh penulis untuk pemanfaatan PPA ini antara lain (1) untuk peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian lebih lanjut sampai pada uji kelompok kecil untuk siswa dan uji lapangan untuk mengetahui efektifitas dan kelayakan penerapan paket pelatihan asertivitas (2) dalam pengembangan paket pelatihan asertivitas konselor atau pembaca dapat mengembangkan atau menggabungkan dengan teori lain yang berkaitan dengan perilaku asertif (3) konselor sekolah yang akan menggunakan paket ini untuk lebih memperhatikan keadaan waktu tempat dan aspek budaya yang mempengaruhi perilaku asertif setiap individu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1610 |
Actions (login required)
View Item |