Farid, Ulfa Maulida (2019) Pengembangan modul berbasis problem solving berdasarkan hasil penelitian pengaruh ekstrak tempe kedelai hitam terhadap kadar interleukin 6 pada tikus diabetes melitus tipe 2 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa / Ulfa Maulida Farid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Farid Ulfa Maulida. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Problem Solving Berdasarkan Hasil Penelitian Pengaruh Ekstrak Tempe Kedelai Hitam terhadap Kadar Interleukin 6 pada Tikus Diabetes Melitus Tipe 2 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis Jurusan Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdul Gofur M.Si (2) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si Kata kunci Modul Problem Solving Diabetes Melitus Tipe 2 berpikir kritis Pembelajaran di pendidikan tinggi mengacu pada kurikulum kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) pada level 6 untuk program sarjana yaitu mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (Dirjendikti 2014). Capaian kelulusan sesuai dengan KKNI mahasiswa diwajibkan menyesuaikan program kuliah berdasarkan satuan kredit semester (sks) yang ditentukan sesuai program studi dan keahlian yang diminati (Depdikbud 2012). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul berbasis Problem Solving berdasarkan hasil penelitian pengaruh ekstrak tempe kedelai hitam terhadap kadar interleukin 6 pada tikus diabetes melitus tipe 2 untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang valid praktis dan efisien. Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analyze design develop implementation dan evaluate. Desain uji coba menggunakan nonrandomized control group pretest-posttest design. Validitas produk diukur berdasarkan uji validitas oleh ahli media ahli materi dan ahli praktisi lapang. Kepraktisan produk diukur berdasarkan respon mahasiswa dengan menggunakan lembar angket respon setelah penggunaan produk. Keefektifan produk diukur berdasarkan tes evaluasi sebelum dan sesudah penerapan modul berbasis Problem Solving . Modul yang dikembangkan dikatakan valid praktis dan efektif. Valid berdasarkan telaah ahli media (92 74%) dan ahli materi (91 43%) praktisi lapangan (93 92%.). Praktis berdasarkan respon mahasiswa (80 90%). Efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan nilai F hitung Quade s rank analysis of covariance yang diperoleh sebesar 209 082 dengan p-value 0 000 945 ( 945 0 05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160862 |
Actions (login required)
View Item |