Halim, Fuad Abdul (2017) Pengembangan LKS matematika sosial berbantuan potongan harga melalui pembelajaran kontekstual di SMP / Halim, Fuad Abdul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Halim Fuad Abdul 2017. Pengembangan LKS Matematika Sosial Berbantuan Potongan Harga Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing Prof. Dr. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa Kontekstual Potongan Harga Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan seorang guru matematika di SMP 15 Malang LKS yang digunakan saat ini masih berupa ringkasan materi dan latihan-latihan soal sehingga LKS hanya digunakan untuk latihan soal saja. Dari kurangnya penggunaan LKS pada saat ini maka masih perlu dari pembuat LKS untuk mengadakan perbaikan lagi. Perbaikan yang dilakukan bisa berupa menggunakan pendekatan atau metode yang cocok untuk siswa kelas VII. Pendekatan kontekstual adalah konsep belajar yang membantu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi kehidupan .sehari-hari(daily life). Pendekatan kontekstual akan diperkuat lagi dengan menggunakan salah satu strategi yang ada pada pendekatan kontekstual yaitu strategi REACT. Untuk materi aritmetika sosial terutama pada bagian potongan harga atau diskon kontekstual dirasa sangat cocok untuk proses pembelajaran yang akan dilakukan karena proses jual beli dan penggunaan potongan harga tidaklah asing untuk mereka. Berkaitan dengan hal tersebut maka dilakukan penelitian Pengembangan LKS Matematika Sosial Berbantuan Potongan Harga Melalui Pembelajaran Kontekstual di SMP . Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa(LKS) matematika sosial berbantuan potongan harga melalui pembelajaran kontekstual di Sekolah Menengah Pertama yang valid praktis dan efektif. Model penelitian ini mengacu pada model pengembangan dari Plomp yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase disain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi dan (5) fase implementasi. Produk yang dikembangkan akan divalidasi oleh seorang dosen matematika dan guru matematika SMPN 15 Malang. Uji coba kepraktisan dilakukan dengan cara pembagian angket berserta saran untuk mengetahui nilai dari tes yang akan dilakukan setelah penggunaan LKS dilakukan. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil 3 47 dengan kriteria sangat valid untuk nilai kevalidan dari LKS. Untuk penghitungan teknik analisis data yang dilakukan pada hasil dari uji coba kepraktisan diperoleh nilai 3 15625 sehingga dapat dikatakan bahwa LKS yang dikembangkan adalah praktis tetapi masih melalui proses revisi. Pada uji efektifitas diketahui 28 dari 32 siswa atau 87 5% siswa yang mengerjakan soal tes mampu mencapai nilai di atas KKM. Karena persentase yang diperoleh lebih dari 80% maka produk dikatakan efektif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKS matematika sosial berbantuan potongan harga yang dikembangkan telah mencapai kriteria valid praktis dan efektif. Mengetahui Dr. Subanji M.Si Penguji Utama NIP 19710605 199802 1 001 Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Penguji I NIP 19500507 197403 1 002 Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si Penguji II NIP 19661010 199203 1 00
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16058 |
Actions (login required)
View Item |