Rosshofa, Zidna Al'Azizah (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 berbasis REACT pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa kelas VII SMP / Zidna Al'Azizah Rosshofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rosshofa Zidna Al Azizah. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Berbasis REACT Pokok Bahasan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel untuk Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 strategi REACT Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan kegiatan pembelajaran berlangsung. Perangkat pembelajaran menjadi pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dan memudahkan guru sebagai fasilitator. Perangkat pembelajaran yang perlu dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru di SMP Negeri 2 Malang RPP yang dikembangkan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 namun RPP dan LKS yang dikembangkan untuk materi pertidaksamaan linear satu variabel belum maksimal karena LKS yang digunakan berasal dari distributor LKS bukan hasil pengembangan guru yang sesuai dengan kondisi siswa. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah strategi pembelajaran REACT. Strategi pembelajaran ini dapat digunakan di SMP Negeri 2 Malang karena siswa dapat mengetahui konsep materi ajar untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Melalui strategi ini siswa terlibat langsung dalam pembelajaran dan menemukan konsep mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran pokok bahasan pertidaksamaan linear satu variabel berbasis REACT sesuai Kurikulum 2013 untuk siswa kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dikembangkan menggunakan model Plomp terdiri dari fase preliminary research prototyping phase dan assessment phase. Perangkat pembelajaran ini melalui tiga tahap uji yaitu uji kevalidan dilakukan oleh satu orang dosen matematika dan satu orang guru matematika uji kepraktisan dilakukan oleh observer dengan mengamati aktivitas guru dan siswa serta uji keefektifan dilakukan siswa dengan mengerjakan uji pemahaman. Berdasarkan analisis data perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 09 dan 3 06. Perangkat pembelajaran juga dinyatakan praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan berdasarkan aktivitas guru dan aktivitas siswa berturut-turut adalah 3 53 dan 3 40. Namun perangkat pembelajaran tidak memenuhi aspek keefektifan karena tingkat keefektifan yang diperoleh hanya 37 5%. Berdasarkan pengamatan peneliti ketidakefektifan perangkat pembelajaran ini dipengaruhi oleh sikap siswa ketika proses belajar kemampuan guru dalam manajemen kelas dan bahan ajar berupa LKS. Oleh karena itu sebelum mengajar guru perlu mengantisipasi faktor-faktor kendala yang muncul ketika pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16049 |
Actions (login required)
View Item |