Warsini (2009) Harapan siswa terhadap karakteristik kepribadian konselor di SMP Negeri Kota Malang / Warsini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bimbingan dan konseling disediakan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kurang memahami akan pentingnya layanan bimbingan dan konseling di sekolah hal ini ditunjukkan dengan rasa malu atau takut yang dialami siswa untuk datang ke ruang BK. Ada kemungkinan hal ini berkaitan dengan kepribadian yang dimiliki konselor. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu diadakan penelitian untuk mengetahui harapan siswa terhadap kepribadian konselor di sekolah. Tujuannya untuk mengetahui harapan siswa terhadap kepribadian konselor di sekolah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas VIII di SMPN Kota Malang dengan sampel siswa kelas VIII SMPN 4 Malang SMPN 6 Malang SMPN 10 Malang SMPN 14 Malang dan SMPN 15 Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random atas himpunan ( cluster random sampling). Adapun besarnya sampel 342 siswa. Instrumen yang digunakan angket. Sedangkan teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase (%). Kesimpulan dalam penelitian ini secara umum sebagai berikut sangat banyak siswa (99 71%) memiliki harapan terhadap kepribadian konselor pada indikator kompeten secara profesional dan menjalankan perekembangan profesional dalam kategori sangat diharapkan. Sedangkan secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut (1) kepribadian konselor di sekolah yang sangat diharapkan oleh sebagian besar siswa meliputi 15 indikator yaitu menunjukkan tanggung jawab orang lain memiliki kepekaan berempati menghormati individu lain memelihara kesehatan mental mengonsep tindakan dan proses perubahan pada manusia secara sistematis memfasilitasi perkembangan personal mempunyai toleransi yang tinggi untuk stres dan frustasi memilih kebebasan berkomunikasi dengan efektif kompeten secara profesional memelihara kesehatan fisik dengan baik menjalankan perkembangan profesional memelihara identitas profesional sebagai konselor dan mencontohkan etika profesional (2) kepribadian konselor di sekolah yang diharapkan dinyatakan sebagian siswa meliputi 7 indikator yaitu menunjukkan tanggung jawab orang lain memiliki kepekaan berempati menghormati individu lain memelihara kesehatan mental yang baik mengonsep tindakan dan proses perubahan pada manusia secara sistematis dan mempunyai toleransi yang tinggi untuk stres dan frustasi. Adapun saran-saran yang diberikan adalah (1) bagi guru pembimbing atau konselor terutama konselor pada SMP Negeri di wilayah Kota Malang disarankan tetap mempertahankan dan mengembangkan nilai-nilai kepribadian yang meliputi indikator-indikator yang sangat diharapkan sebagaimana layaknya seorang konselor (2) bagi peneliti lanjutan disarankan untuk menguji apakah 15 karakteristik pribadi ini ada dalam diri konselor (3) bagi prodi BK hendaknya mengembangkan kurikulum yang dapat membentuk karakteristik kepribadian konselor yang sangat diharap oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1603 |
Actions (login required)
View Item |