analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan teori newman ditinjau dari perbedaan gender / yohanes wilfridus edwaldus - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan teori newman ditinjau dari perbedaan gender / yohanes wilfridus edwaldus

Edwaldus, Yohanes Wilfridus Edwaldus (2021) analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan teori newman ditinjau dari perbedaan gender / yohanes wilfridus edwaldus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal cerita matematika trigonometri dengan menggunakan analisis teori Newman 2) mengidentifikasi faktor penyebab kendala/kesulitan sehingga terjadi kesalahan yang diperbuat oleh peserta didik dalam mengerjakan soal cerita matematika trigonometri 3) mengetahui dan mendeskripsikan apakah perbedaan gender berpengaruh dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri 4) mendeskripsikan beberapa upaya/solusi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir bentuk-bentuk kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas X IPA dan IPS SMAK Frateran Maumere. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Tes dalam penelitian ini terdiri dari 4 soal uraian yang diberikan kepada 33 peserta didik. Berdasarkai lima tahapan analisis kesalahan menurut Newman terdapat empat tahapan kesalahan yang dilakukan oleh para peserta tes pada saat menyelesaikan soal cerita rasio Trigonometri. Untuk laki-laki tahapan kesalahan yang dilakukan yaitu reading 0% comprehension 14 25% transformation 20 75% process skill 30 75% dan encoding 34 25% . Sedangkan untuk peserta didik perempuan tahapan kesalahan yang dilakukan yaitu reading 0% comprehension 17 81% transformation 23 06% process skill 27 04% dan encoding 32 07%. Terlihat bahwa kesalahan yang dilakukan tergolong sama dengan tingkat kesalahan masuk dalam kategori rendah. Penyebab terjadinya kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri dikarenakan cakupan materi yang diperoleh sebelumnya tidak begitu terserap dengan baik tidak memahami konsep dan operasi yang berupa kesulitan dalam menggambarkan sketsa yang dibutuhkan masalah waktu yang begitu singkat dan juga kalimat matematika yang dipaparkan dianggap terlalu panjang faktor bawaan sendiri dalam diri individu yang berupa kemalasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160181

Actions (login required)

View Item View Item