Komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar siswa / Khoirul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar siswa / Khoirul Khotimah

Khotimah, Khoirul (2020) Komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar siswa / Khoirul Khotimah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi matematis merupakan proses dalam mengekspresikan pemahaman dan ide-ide matematika baik secara visual lisan maupun tertulis. Komunikasi matematis tiap siswa berbeda tergantung gaya belajar yang dimiliki siswa karena tiap siswa memiliki pemahaman dan caranya sendiri dalam mengekspresikan pemahaman atau ide-ide matematikanya. Gaya belajar ini memiliki peran dalam pembelajaran pemrosesan serta komunikasi. Hal yang dapat dilakukan untuk mengetahui komunikasi matematis siswa yaitu dengan memberikan soal cerita karena soal cerita dapat mendorong siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide atau gagasan matematisnya dalam menyelesaikan masalah berbentuk cerita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar siswa. Gaya belajar yang diamati yaitu gaya belajar visual auditorial dan kinestetik. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VIII-B SMP Brawijaya Smart School yaitu 1 siswa gaya belajar visual (SV) 1 siswa gaya belajar auditorial (SA) dan 1 siswa gaya belajar kinestetik (SK). Penelitian ini menggunakan indikator komunikasi matematis yang disusun sesuai dengan standar kemampuan komunikasi NCTM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis SV SA dan SK dapat menjelaskan situasi masalah dari soal yang diberikan dengan bahasanya sendiri. Dalam hal ini SV juga menuliskan beberapa informasi dengan gambar dan apa yang ditanyakan sedangkan SA menuliskan beberapa informasi pada soal. SV menuliskan ide atau strategi penyelesaian masalah dalam bentuk gambar kata-kata dan simbol-simbol matematis seperti menggunakan operasi hitung untuk memperoleh hasilnya. Sedangkan SA dan SK membentuk permisalan model matematika menggunakan metode substitusi metode eliminasi serta beberapa operasi hitung untuk memperoleh hasilnya. SV SA dan SK juga dapat menjelaskan penyelesaian masalahnya walaupun ada pertanyaan peneliti yang tidak dapat dijelaskan SA. SV dan SK membuat kesimpulan hasil penyelesaiannya secara tertulis dan lisan sedangkan SA hanya secara lisan. SV SA dan SK telah menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematikanya. Namun SV SA dan SK belum cukup baik dalam memeriksa kembali penyelesaian masalah dan mengevaluasi hasil penyelesaian yang diperoleh hal ini dikarenakan ada strategi penyelesaian yang digunakan SV serta model matematika yang dibentuk SA dan SK yang masih belum tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160128

Actions (login required)

View Item View Item