pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan react pada mata pelajaran matematika di kelas viii smp / rahman hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan react pada mata pelajaran matematika di kelas viii smp / rahman hidayat

Hidayat, Rahman Hidayat (2021) pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan react pada mata pelajaran matematika di kelas viii smp / rahman hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana kualitas bahan ajar yang digunakan harus memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika perangkat pembelajaran berkualitas baik khususnya pada materi yang digunakan dan metode pembelajarannya. Perangkat Pembelajaran dikatakan praktis jika guru dan siswa mempertimbangkan perangkat pembelajaran mudah digunakan dan sesuai dengan rencana peneliti. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika dalam proses pembelajaran siswa berhasil dan jika konsitensi antara kurikulum pengalaman belajar siswa dan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model ADDIE yang mempunyai lima tahap yaitu tahap analisis tahap desain tahap pengembangan tahap implementasi dan tahap evaluasi. (1) Tahap analisis dilakukan tiga tahapan yaitu analisis kurikulum analisis karakteristik siswa dan analisis kebutuhan perangkat pembelajaran. (2) Tahap desain yaitu melakukan persiapan RPP penyusunan LKS (3) Tahap pengembangan ini dilakukan tiga tahapan yaitu pengembangan desain perangkat pembelajaran melakukan validasi dengan dosen ahli dan melakukan perbaikan perangkat pembelajaran sesuai komentar dan saran dari validator (4) Tahap implementasi dilakukan uji coba lapangan di sekolah BSS Malang dan SMPK Mardy Wiyata Malang dan (5) Tahap Evaluasi dilakukan evaluasi praktis dan evaluasi kepraktisan. Hasil tahapan analisis kebutuhan perangkat menunjukan perangkat pembelajaran yang ada hanya satu buah buku paket yang diterbitkan oleh pemerintah. Isi bukunya cukup lengkap terutama materinya koordinat kartesius. Hasil analisis karakteristik siswa Sebagian besar siswa kurang aktif dan kurang termotivasi untuk belajar. Menurut guru hal ini disebabkan bahan ajar yang digunakan guru kurang beragam. Hasil analisis kurikulum Analisis kurikulum dilakukan dengan menganalisis kompetensi inti kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi mengacu pada kurikulum 2013 materi koordinat Cartesius. Hasil tahapan desain (1) Persiapan RPP yaitu (a) menentukan RPP nama sekolah mata pelajaran kelas/semester dan alokasi waktu (b) menentukan KI dan KD (c) indikator dan tujuan pembelajaran (d) memilih sumber belajar (e) menentukan pendekatan pembelajaran (f) mengatur aktifitas pembelajaran (g) tekhnik penilaian. (2) Penyusunan LKS yaitu (a) Penyusunan isi LKS (2) Peneliti mencari dan mengumpulkan referensi yang relevan sebagai acuan dalam mengembangkan LKS. Adapun buku referensi tersebut adalah Abdur Rahman As rsquo ari dkk 2017 Edisi Revisi Buku guru Matematika Jakarta Kemdikbud Hasil tahapan pengembangan (1) Pengembangan desain perangkat belajar yaitu (a) Pengembangan RPP dan Pengembangan LKS (b) Validasi Jumlah validator satu orang yaitu dosen universitas negeri malang validator memberi masukan saran dan penilaian (c) perbaikan perangkat pembelajaran Hasil Implementasi Setalah dilakukan revisi perangkat belajar selanjutnya yaitu diujicobakan. Uji coba produk dilaksanakan di Brawijaya Smart School (BSS) Malang kelas VIII sebanyak 31 siswa pada tanggal 8-14 Maret 2021 dan SMPK Mardi Wiyata Malang 15-20 Maret 2021. Hasil Evaluasi (1) Analisis praktis Angket respon siswa yang diberikan sebanyak 31 siswa Brawijaya Smart School Malang dan 26 siswa SMPK Mardi Wiyata Malang. Dari hasil analisis diperoleh 4.2 dengan kategori praktis. (2) Analisis Efektif Berdasarkan hasil tes tingkat ketuntasan siswa adalah 84 34% dan rata-rata nilai kelas adalah 81 81 yaitu nilai melebihi KKM yaitu 75 sehingga dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160124

Actions (login required)

View Item View Item