Divrania, Rachmita (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik dengan model problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Rachmita Divrania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Divrania Rachmita. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tjang Daniel C M.Si Ph.D. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Pendekatan Saintifik Problem Based Learning Bangun Ruang Sisi Datar Pembelajaran dalam bentuk lembar kerja siswa yang tidak konstruktivis ditemukan dalam proses pembelajaran di sekolahyang hanya menghafalkan rumus tanpa mengetahui tahap untuk menemukan konsep. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa masih banyak siswa yang tidak mengetahui rumus bangun ruang sisi datar. Oleh karena itu peneliti mengembangkan lembar kerja siswa yang berbasis pendekatan saintifik dengan model Problem Based Learning pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan LKS ini adalah hasil modifikasi dari model pengembangan Plomp (Hobri 2010 17). Model pengembangan ini terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Pada penelitian ini akan diadakan tiga tes uji yakni uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yakni satu orang dosen matematika dan satu orang praktisi. Setelah LKS dinyatakan valid maka LKS diujicobakan pada 35 siswa SMP kelas VIII yang akan menempuh materi bangun ruang sisi datar sebagai subjek uji coba. Hasil uji kepraktisan didapat dari rata-rata skor dari dua instrumen yakni lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa. Hasil uji keefektifan didapat dari presentase siswa yang memiliki kualifikasi tuntas berdasarkan rata-rata nilai kuis siswa diatas 80. 8195 Berdasarkan hasil analisis data didapatkan skor hasil uji kevalidan dan kepraktisan LKS secara berturut-turut adalah 3 66 dan 3 52. Presentase siswa yang memperoleh nilai rata-rata80 adalah 91 42%. Hal ini berarti hasil uji keeefektifan menyatakan 91 42% siswa memenuhi kualifikasi tuntas. Berdasarkan analisis data tersebut berarti LKS telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16007 |
Actions (login required)
View Item |