Hanafi, Muchamad (2016) Penerapan metode penemuan terbimbing dipadu dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar materi transformasi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang / Mochamad Hanafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hanafi Muchamad. 2016. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Dipadu dengan Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Transformasi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata Kunci metode penemuan terbimbing numbered heads together transformasi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang terhadap pembelajaran yang dilakukan guru matematika diketahui bahwa siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan siswa kurang memahami konsep-konsep matematika. Hal ini terjadi karena proses membangun pengetahuan oleh siswa didapatkan dengan mendengarkan tidak dengan terlibat langsung. Peran guru sebagai sumber utama belajar yang lebih aktif daripada siswa. Dampak yang ditimbulkan adalah hasil belajar siswa yang rendah. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa diperlukan metode pembelajaran alternatif yaitu metode penemuan terbimbing dipadu dengan numbered heads together yang dapat melibatkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran dan memberikan dorongan pada siswa untuk bertanggung jawab menguasai materi pembelajaran serta bertanggung jawab untuk memastikan teman sekelompoknya juga menguasai materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dipadu dengan numbered heads together yang dapat meningkatkan hasil belajar materi transformasi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data penelitian berupa hasil observasi aktivitas guru hasil observasi aktivitas siswa catatan lapangan dokumentasi dan hasil tes akhir siklus. Langkah-langkah pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dipadu dengan numbered heads together yang diterapkan peneliti adalah (1) tujuan pembelajaran siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran (2) guru meningkatkan motivasi siswa (3) siswa mengulas materi prasyarat (4) penomoran siswa berkelompok sesuai daftar kelompok yang telah disusun oleh guru sebelumnya (5) pengajuan pertanyaan guru mengajukan pertanyaan atau masalah kepada siswa melalui LKS (6) berpikir mandiri siswa melakukan identifikasi masalah dan mengumpulkan informasi secara mandiri (7) berpikir bersama siswa secara berkelompok mengolah informasi mengecek hasil temuan dan menentukan jawaban terbaik kelompoknya (8) pemberian jawaban siswa menyampaikan jawaban kelompoknya kepada guru dan teman sekelas dan (9) kesimpulan siswa membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari dan dapat diperkuat oleh guru. Peningkatan hasil belajar pada penelitian ini ditunjukkan pada siklus I rata-rata perolehan skor tes siswa mencapai 76 47 dan persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75 adalah 76 47% meningkat pada siklus II dengan rata-rata perolehan skor tes siswa mencapai 79 65 dan persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 75 adalah 82 35%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dipadu dengan numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar materi transformasi pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 20 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/16003 |
Actions (login required)
View Item |