Pengembangan media CD tutorial pembelajaran menggunakan software camtasia studio 6.0 pada mata pelajaran TIK pokok materi internet untuk kelas IX MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Kabupaten Malang / Fajar Sidik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media CD tutorial pembelajaran menggunakan software camtasia studio 6.0 pada mata pelajaran TIK pokok materi internet untuk kelas IX MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Kabupaten Malang / Fajar Sidik

Sidik, Fajar (2010) Pengembangan media CD tutorial pembelajaran menggunakan software camtasia studio 6.0 pada mata pelajaran TIK pokok materi internet untuk kelas IX MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Kabupaten Malang / Fajar Sidik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran CD Tutorial Internet Berdasarkan hasil observasi lapangang Pembelajaran internet yang dilakukan di MTs. Wahid Hasyim 02 Dau masih kurang maksimal karena Selama ini pembelajaran TIK di kelas dilaksanakan dengan cara ceramah mengerjakan soal yang ada pada lembar kerja siswa dan sedikit praktek akan tetapi kurang maksimal karena koneksi internet yang putus-putus disamping itu karena kurangnya media komputer yang digunakan pada saat pembelajaran. Menurut pengembang hal itu kurang efektif. Karena itulah pengembang merancang sebuah media yang dapat menyelesaikan masalah tersebut yaitu CD Tutorial Pembelajaran internet sehingga diharapkan dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar juga menambah wawasan siswa. Langkah-langkah prosedur pengembangan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut (1) Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa (2) Perumusan tujuan instruksional (3) Perumusan butir-butir materi (4) Mengembangkan alat pengukur keberhasilan (4) menuliskan naskah media (5) produksi (6) validasi dan (7) revisi. Subjek uji coba pengembangan media ini sebanyak 30 orang siswa di MTs.Wahid Hasyim 02 Dau Instrumen pengumpulan data menggunakan angket berupa aspek kualitas teknis dan pemanfaatan yang diuji coba oleh ahli media ahli materi dan siswa sedangkan hasil belajar menggunakan tes. Hasil pengembangan media CD Tutorial pembelajaran ini berdasarkan analisis data dari 2 ahli media 1 ahli materi dan siswa kemudian dianalisis berdasarkan kriteria yang hasilnya memenuhi kriteria sangat valid dengan hasil perhitungan ahli media 91 5% ahli materi 87 3% siswa perorangan 82 8% kelompok kecil 87 3% dan lapangan 84 3%. Sedangkan hasil belajar siswa didapatkan Harga thitung 12 01 dan d.b 29 kemudian dilakukan pengetesan pada tabel ttabel. Pada taraf signifikansi 5% 2 045. Bila dibandingkan dengan harga thitung maka 12 01 2 045. Berdasarkan hasil tersebut dapat dijelaskan bahwa hasil belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran CD Tutorial lebih baik dari pada sebelum menggunakan media pembelajaran CD Tutorial hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) untuk Guru Media CD tutorial ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang membantu guru dalam proses belajar mengajar (2) untuk Kepala Sekolah dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengadaan sumber belajar di sekolah (3) pengembang selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengembangkan media CD Tutorial yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item