Sigalingging, Jojor Janni Astuti (2016) Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran untuk membantu memahamkan siswa SMP kelas VII pokok bahasan perbandingan / Jojor Janni Astuti Sigalingging. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sigalingging Jojor. 2015. Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran untuk Membantu Memahamkan Siswa SMP Kelas VII Pokok Bahasan Perbandingan. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci media komik komik matematika perbandingan Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam menunjang kemajuan bangsa dan Negara pada masa depan. Matematika yang merupakan salah satu mata pelajaran dalam pendidikan di Indonesia adalah pelajaran yang sangat penting dikuasai sejak dini namun dalam kenyataannya siswa masih kesulitan dalam belajar matematika hal ini dikarenakan kebanyakan materi matematika bersifat abstrak selain itu buku panduan yang dimiliki siswa kurang dapat dipahami. Oleh karena itu pengembang melakukan pengembangan media pembelajaran berupa komik yang pada umumnya komik adalah bacaan yang disukai siswa. Tujuan pengembangan komik ini adalah untuk membantu memahamkan siswa SMP kelas VII pokok bahasan perbandingan. Hal ini dapat membantu siswa untuk memahami permasalahan matematika yang diberikan membentuk model matematika dari setiap permasalahan yang diberikan serta menyelesaikan permasalahan matematika tersebut. Pengembangan komik matematika ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dan dimodifikasi dari tahapan penelitian dan pengembangan Thiagarajan. Tahapan pengembangan komik matematika ini adalah sebagai berikut (1) Tahap pendefinisian (define) (2) Tahap perancangan (design) (3) Tahap pengembangan (develop). Dari ketiga tahap pengembangan tersebut dihasilkan produk berupa media komik pokok bahasan perbandingan. Media komik ini menyajikan 4 cerita (Belajar Kelompok Cake and Time Study Tour dan Skala).Untuk menguji kelayakan media dilakukan uji validitas uji kepraktisan dan uji keefektifan. Dari uji validitas diperoleh skor kevalidan 3 625 untuk media komik 3 884 untuk soal evaluasi siswa dan 3 846 untuk angket respon siswa dikatakan praktis karena 95% siswa memberikan respon positif dan efektif karena 85% siswa memenuhi ketuntasan hasil belajar. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa komik matematika dapat digunakan sebagai alternatif solusi dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pokok bahasan perbandingan. Disarankan kepada pengembang komik matematika lainnya agar mengembangkan materi pembelajaran yang lain serta disesuaikan dengan kemampuan siswa atau sasaran pengguna produk. Pemilihan karakter pada komik sebaiknya disesuaikan dengan karakter yang disukai siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15960 |
Actions (login required)
View Item |