Setiawan, Luthfi Arif (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams Games Tournament) menggunakan media travel game untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Shalahuddin / Luthfi Arif Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawan LuthfiArif. 2015. Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe TGT (Teams Games Tournament)Menggunakan Media Travel Game untukMeningkatkanAktivitasBelajarMatematikaSiswaKelas VIII E SMP Shalahuddin.Skripsi JurusanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. Sudirman M.Si Kata Kunci PembelajaranKooperatif TGT (Teams Games Tournament) Media Travel Game AktivitasBelajar Hasilobservasiawal yang telahdilakukanolehpeneliti di kelas VIII-E SMP Shalahuddinmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswarendah. Hal initerlihatpadasaatkegiatanpembelajaranmatematikaberlangsung banyaksiswa yang tidakmemperhatikansaat guru menerangkandi depankelas. Begitujugasaatsiswadimintamengerjakansoal banyaksiswa yang tidakmengerjakan parasiswatersebuthanyaberguraudengantemandanhanyabeberapa yang mengerjakanataubertanyapada guru.Akibatdarikurangnyaaktivitasbelajarmatematikatersebut nilaisiswamasihbanyak yang kurangdari KKM.Olehsebabitu diperlukan model pembelajaran yang dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswasepertiTeams Games Tournament (TGT) menggunakan media travel game. Penelitianinidilaksanakan di SMP Shalahuddin Malang dengan subjeksiswakelas VIII-E tahunajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas. Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikanlangkah-langkahpenerapan model pembelajarankooperatiftipe TGT menggunakan media travel game yang dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamateriperbandingan. Data yang diperolehmerupakanhasilpengamatanaktivitassiswadan guru selama proses pembelajaranmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe TGT. Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahapabilapersentasesiswa yang aktifmeningkatdarisiklus I kesiklusberikutnya. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarmengalamipeningakatansebesar 22 8% yaitupadasaatsiklus I aktivitassiswaaktifadalah 60 % lalumeningkatmenjadi 82 8% saatsiklus II . Langkah-langkah model pembelajarankooperatiftipe TGT menggunakan media travel game yang dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswayaitu (1) presentasikelasoleh guru (2) belajardalamkelompok (3) game tournamentmenggunakan media travel game (4) penghargaankelompok. Dari hasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media travel gamedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas VIII SMP Shalahuddin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15957 |
Actions (login required)
View Item |