Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams Games Tournament) menggunakan media travel game untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Shalahuddin / Luthfi Arif Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams Games Tournament) menggunakan media travel game untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Shalahuddin / Luthfi Arif Setiawan

Setiawan, Luthfi Arif (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams Games Tournament) menggunakan media travel game untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Shalahuddin / Luthfi Arif Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan LuthfiArif. 2015. Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipe TGT (Teams Games Tournament)Menggunakan Media Travel Game untukMeningkatkanAktivitasBelajarMatematikaSiswaKelas VIII E SMP Shalahuddin.Skripsi JurusanMatematika FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr. Sudirman M.Si Kata Kunci PembelajaranKooperatif TGT (Teams Games Tournament) Media Travel Game AktivitasBelajar Hasilobservasiawal yang telahdilakukanolehpeneliti di kelas VIII-E SMP Shalahuddinmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswarendah. Hal initerlihatpadasaatkegiatanpembelajaranmatematikaberlangsung banyaksiswa yang tidakmemperhatikansaat guru menerangkandi depankelas. Begitujugasaatsiswadimintamengerjakansoal banyaksiswa yang tidakmengerjakan parasiswatersebuthanyaberguraudengantemandanhanyabeberapa yang mengerjakanataubertanyapada guru.Akibatdarikurangnyaaktivitasbelajarmatematikatersebut nilaisiswamasihbanyak yang kurangdari KKM.Olehsebabitu diperlukan model pembelajaran yang dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswasepertiTeams Games Tournament (TGT) menggunakan media travel game. Penelitianinidilaksanakan di SMP Shalahuddin Malang dengan subjeksiswakelas VIII-E tahunajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas. Penelitianinibertujuanuntuk mendeskripsikanlangkah-langkahpenerapan model pembelajarankooperatiftipe TGT menggunakan media travel game yang dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamateriperbandingan. Data yang diperolehmerupakanhasilpengamatanaktivitassiswadan guru selama proses pembelajaranmenggunakan model pembelajarankooperatiftipe TGT. Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahapabilapersentasesiswa yang aktifmeningkatdarisiklus I kesiklusberikutnya. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarmengalamipeningakatansebesar 22 8% yaitupadasaatsiklus I aktivitassiswaaktifadalah 60 % lalumeningkatmenjadi 82 8% saatsiklus II . Langkah-langkah model pembelajarankooperatiftipe TGT menggunakan media travel game yang dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswayaitu (1) presentasikelasoleh guru (2) belajardalamkelompok (3) game tournamentmenggunakan media travel game (4) penghargaankelompok. Dari hasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipe TGT (Teams Games Tournament) menggunakan media travel gamedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas VIII SMP Shalahuddin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item View Item