Wardani, Rr. Nurul Kusuma (2015) Peningkatan hasil belajar materi bangun ruang sisi datar beraturan melalui model pembelajaran jigsaw untuk siswa kelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School / Rr. Nurul Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardani NurulKusuma.2015.PeningkatanHasilBelajarMateriBangunRuangSisiDatarBeraturanmelalui Model PembelajaranJigsawuntukSiswaKelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School Malang.Skripsi JurusanMatematika FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sukoriyanto M.Si Kata kunci Jigsaw HasilBelajarSiswa. Berdasarkanobservasiawaldanwawancarakepada guru matapelajaranmatematika di SMP Brawijaya Smart SchoolMalangdiketahuibahwahampir 60% ulanganhariansiswadi bawah KKM.Menurutnyahalinidimungkinkankarenamateri yang harusdipelajariterlalubanyakdanlatihansoalkurang.Model pembelajaran yang seringdigunakanadalahceramahkarena guru dituntutuntukmenyampaikanmateri yang cukupbanyakdanbelummaksimaldalammelibatkansiswauntukberinteraksidengansiswa lain. Untukmengatasimasalahtersebut diperlukanmetodebelajar yang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Padapenelitianini penelitimenggunakan model pembelajarankooperatiftipejigsaw. Penelitianinimendiskripsikantentanglangkah-langkah model pembelajarankooperatiftipejigsawyang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School Malang padamateribangunruangsisidatarberaturan.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas (PTK) yang dilaksanakandalam 2 siklus. Data yang dikumpulkandalampenelitianinimeliputi 1) hasilobservasiaktivitas guruselama proses pembelajaranberdasarkanlembarobservasi 2) hasilobservasiaktivitassiswaselama proses pembelajaranberdasarkanlembarobservasi 3) hasilbelajarsiswa 4) hasilcatatanlapangan. Langkah-langkahpenerapan model pembelajarankooperatiftipe jigsawyaitu (1) siswamembentukkelompokasal (home teams) dalamkelompokinisiswamempelajaribeberapapermasalahandariLembarKerjaSiswa (2) siswamembentukkelompokahli (expert teams) dimanaanggotadengansoalahli yang samaberkumpuldanberdiskusimenyelesaikansoalahli (3) anggotadarikelompokahlikembalipadakelompokasaluntukmemberikanpenjelasanpadatemansekelompoknya (4) salahsatusiswadalamkelompokasalmempresentasikanhasildiskusinya di depankelas (5) di akhirkegiatanpembelajaran guru memberikanreviewpadatopik yang dipelajaridandilajutkandengantes. Berdasarkanpenelitiantindakankelas VII-A SMPBrawijaya Smart Schooldengan model pembelajarankooperatiftipe jigsawpadamateribangunruangsisidatarberaturanmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatan. Hal inidapatdilihatdaripeningkatanpersentasehasilbelajarsiswa.Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalah75% daribanyaknyasiswa di kelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School mendapatkannilaiteslebihdariatausamadengan 75. Hasilpengamatandari observer menunjukkanbahwahasilobservasiaktivitas guru dansiswaselama proses pembelajaranmendapatkriteria minimal Baik . Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswadarisiklus I yang mencapai29 63%atau 8 siswa menjadi77 78% atau21 siswamencapainilaiteslebihdariatausamadengan 75. Hasilpengamatandari observer menunjukkanbahwahasilobservasiaktivitas guru dansiswaselama proses pembelajarandengan model pembelajarankooperatiftipejigsaw padamateribangunruangsisidatarberaturanmendapatkriteria Baik . 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15948 |
Actions (login required)
View Item |