Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Taman Madya Malang pada materi matriks / Rizal Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Taman Madya Malang pada materi matriks / Rizal Setyawan

Setyawan, Rizal (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Taman Madya Malang pada materi matriks / Rizal Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Rizal. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Taman Madya Malang pada Materi Matriks. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci kooperatif Teams Games Tournament (TGT) prestasi belajar Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMA Taman Madya Malang diperoleh informasi hasil tes siswa pada materi operasi pada matriks masih belum memenuhi standart ketuntasan minimum (SKM). Penyebabnya yaitu keinginan siswa belajar matematika masih kurang hal ini terjadi dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan khususnya diskusi kelompok masih belum optimal. Guru kurang optimal dalam membimbing siswa dalam diskusi kelompok karena masih banyak siswa yang tidak melakukan diskusi hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan dan yang lainnya hanya menunggu teman yang mengerjakan dan berbicara sendiri. Selain itu interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran masih kaku hal ini terlihat dari jarangnya siswa yang bertanya kepada guru walaupun mereka tidak memahami materi yang dipelajari. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlikan model pembelajaran yang harus bisa mengatasi rendahnya prestasi belajar. Model pembelajaran yang digunakan harus sesuai serta mampu digunakan harus sesuai serta mampu melibatkan semua siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan kreatif dalam setiap proses pembelajaran. Serta dengan model yang sesuai diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh untuk belajar matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan tahapan turnamen yang bisa membuat menyenangkan bagi siswa. Langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti saat menggunakan model TGT adalah (a) mengajar secara tanya jawab guru menyampaikan materi secara global (b) belajar kelompok guru membagi siswa menjadi 6 kelompok heterogen dan siswa mengerjakan LKS yang telah dibagikan oleh guru (c) turnamen guru membagi siswa menjadi 9 kelompok homogeny dalam meja turnamen untuk mengerjakan kartu soal dengan tingkat kesulitan yang sama (d) penghargaan kelas penghargaan diberikan kepada kelompok yang mengumpulkan skor tertinggi dan (e) refleksi siswa secara individu diminta untuk mengerjakan tes individu untuk mengetahuisejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang telah. Data kemampuan siswa menyelesaikan soal diperoleh dari skor tes pada setiap akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA IIS Taman Madya Malang semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 31 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan September -Oktober 2014. Lokasi penelitian adalah di SMA Taman Madya Malang yang beralamatkan di Jalan Raden Tumenggung Suryo Malang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I persentase nilai belajar klasikal siswa sebesar 100 % dengan ada banyak siswa yang nilainya sama dengan SKM sedangkan pada siklus II setelah dilakukan tindakan persentase nilai belajar klasikal siswa menjadi 100% dengan jumlah siswa yang mendapat nilai yang sama dengan SKM menjadi 11 0rang siswa sehimgga ini dapat dikatakan meningkat. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15946

Actions (login required)

View Item View Item