Oktaviani, Mirza Amelia (2015) Pengembangan lembar kerja siswa dengan strategi react pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP / Mirza Amelia Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Oktaviani Mirza Amelia. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Strategi REACT Pada Materi Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sudirman M.Si Kata Kunci lembar kerja siswa strategi REACT bangun ruang kubus dan balok Berdasarkan pengamatan penulis terhadap LKS yang digunakan selalu dimulai dari ringkasan materi contoh soal kemudian soal. Kebanyakan LKS tidak memfasilitasi siswa untuk berfikir secara aktif. Hasil wawancara penulis kepada siswa kelas VIII bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami dan membutuhkan banyak rumus tanpa mengenalkan asal rumus kepada siswa. Jika dikaitkan dengan materi yang memuat rumus maka salah satunya adalah konsep kubus dan balok. Upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi siswa menemukan kembali rumus luas permukaan dan volume kubus dan balok salah satunya dengan mengembangkan LKS dengan strategi REACT. Tahapan dalam strategi REACT terdiri dari (1) Relating (2) Experiencing (3) Applying (4) Cooperating (5) Transferring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan strategi REACT pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP yang valid efektif dan praktis. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Dalam pengembangan ini dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi. Uji kepraktisan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 28 orang siswa kelas VII sebagai subjek uji coba sedangkan uji keefektifan dilakukan dengan mengambil nilai tes evaluasi siswa. Berdasarkan data hasil pengisian lembar validasi oleh tiga validator RPP yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata semua aspek sebesar 3 46 dan LKS yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata semua aspek sebesar 3 51. Sementara itu berdasarkan hasil pengisian angket respon siswa oleh subjek uji coba LKS yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 3 34. Akan tetapi penulis tetap melakukan sedikit revisi berdasarkan komentar atau saran dari validator dan subjek uji coba serta mengacu pada analisis hasil pengerjaan LKS oleh subjek ujicoba. Berdasarkan nilai evaluasi soal tes nilai 28 siswa telah memenuhi KKM yaitu lebih dari atau sama dengan 75. Oleh karena itu LKS yang dikembangkan dinyatakan efektif. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15943 |
Actions (login required)
View Item |