Peningkatan hasil belajar materi PLSV siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik / Aldhiah Putri Utami Sulistyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar materi PLSV siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik / Aldhiah Putri Utami Sulistyorini

Sulistyorini, Aldhiah Putri Utami (2015) Peningkatan hasil belajar materi PLSV siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik / Aldhiah Putri Utami Sulistyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulistyorini Aldhiah Putri Utami. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi PLSV Siswa Kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi Jurusan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M.Pd Kata kunci peningkatan hasil belajar Numbered Head Together pendekatan saintifik persamaan linear satu variabel Hasil wawancara dengan beberapa siswa di kelas VII-D SMP Brawijaya Smart School Malang pada Januari 2015 adalah metode pembelajaran yang sering digunakan guru matematika adalah metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Hal ini menyebabkan siswa hanya bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran. Selain itu guru pernah menerapkan diskusi kelompok tetapi saat diskusi kelompok hanya sebagian siswa yang mengerjakan tugas dari guru. Banyak siswa yang hanya mencontek pekerjaan temannya sehingga siswa yang tidak ikut mengerjakan tugas tersebut banyak yang kurang memahami materi. Hal itu dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Kondisi yang menunjukkan rendahnya hasil belajar yaitu dari hasil ulangan materi sebelum PLSV yaitu pada pokok bahasan materi bangun datar. Persentase ketuntasan belajar kelas secara klasikal mencapai kurang dari 70% dari seluruh jumlah siswa di kelas tersebut. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan pada paragraf satu mendorong peneliti mengadakan penelitian. Penelitian tersebut bertujuan untuk mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik. Model pembelajaran tersebut yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PLSV kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data siswa kelas VII-D SMP Brawijaya Smart School Malang yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilakukan pada Januari dan Pebruari 2015. Tahap yang dilaksanakan dalam penelitian adalah 2 siklus. Setiap siklus yang terdiri atas 2 pertemuan. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik yang diterapkan peneliti ada tiga tahap yaitu tahap persiapan tahap inti dan tahap akhir. Tahap persiapan meliputi penyampaian tujuan pembelajaran dan mengingatkan pada materi prasyarat. Tahap inti meliputi pembentukan kelompok pemberian nomor pada setiap siswa pemberian tugas pada masing-masing kelompok melalui LKS siswa berfikir bersama untuk menjawab pertanyaan guru yang disediakan dalam LKS dengan langkah pendekatan saintifik. Tahap akhir meliputi guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-D SMP BSS Malang pada materi PLSV. Peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar secara klasikal dari nilai ujian materi sebelumnya lebih dari sama dengan 70% siswa memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan nilai ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 67. Untuk persentase keberhasilan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik yang digunakan yaitu lebih dari sama dengan 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15937

Actions (login required)

View Item View Item