Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Lusi Tri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Lusi Tri Utami

Utami, Lusi Tri (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Lusi Tri Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Lusi Tri. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci Pendekatan Saintifik Perangkat Pembelajaran LKS RPP Persamaan Linear Satu Variabel Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan pemerintah salah satunya dengan melakukan perubahan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 (K13). Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang mengandung lima aktifitas pembelajaran yaitu mengamati menanya menggumpulkan informasi menalar dan mengomunikasikan. Upaya lain yang dilakukan pemerintah adalah pengadaan buku pegangan siswa secara serentak di Indonesia pada semua jenjang pendidikan. Selain itu juga dikembangkan perangkat pembelajaran yang menunjang buku pegangan siswa seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mengacu pada kegiatan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. Model pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah model Plomp yang dimodifikasi dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya dalam mengimplementasikan produk secara luas. Tahap-tahap tersebut adalah tahap investigasi awal tahap perancangan (design) tahap pengembangan (develop) dan tahap tes evaluasi dan revisi. Uji yang dilakukan terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Untuk menentukan kevalidan perangkat pembelajaran digunakan data dari lembar validasi RPP dan LKS. Untuk menentukan kepraktisan perangkat pembelajaran digunakan data dari lembar observer terhadap kegiatan pembelajaran. Sedangkan untuk menentukan keefektifan perangkat pembelajaran digunakan data dari lembar angket respon siswa. Hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis penilaian rata-rata. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari RPP adalah Valid dengan rata-rata penilaian adalah 3 24 dan tingkat kevalidan dari LKS adalah Valid dengan rata-rata penilaian adalah 3 24. Sedangkan tingkat kepraktisan dari perangkat pembelajaran adalah sangat tinggi dengan rata-rata penilaian adalah 3 64 dan tingkat keefektifan dari perangkat pembelajaran adalah sangat tinggi dengan rata-rata penilaian adalah 3 65. Oleh karena itu diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel ini dapat dikatakan valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item View Item