Pengaruh service quality dan destination attributes terhadap revisit intention melalui visitor satisfaction pada hawai waterpark Malang / Sonia Dwi Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh service quality dan destination attributes terhadap revisit intention melalui visitor satisfaction pada hawai waterpark Malang / Sonia Dwi Cahyanti

Cahyanti, Sonia Dwi (2020) Pengaruh service quality dan destination attributes terhadap revisit intention melalui visitor satisfaction pada hawai waterpark Malang / Sonia Dwi Cahyanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri pariwisata yang berkembang pesat menuntut para pengelola obyek wisata untuk selalu meningkatkan daya saingnya seperti Hawai Waterpark Malang. Tujuannya yaitu agar para pengunjung yang pernah berkunjung merasa puas sehingga memberikan kesan yang baik bahkan dapat berkunjung kembali di masa depan. Kepuasan pengunjung dapat diukur dari kualitas pelayanan dan atribut destinasi yang dimiliki objek wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service quality dan destination attributes terhadap kepuasan pengunjung pengaruh service quality destination attributes dan kepuasan pengunjung terhadap revisit intention pengaruh kepuasan pengunjung sebagai variabel mediator pada hubungan service quality terhadap revisit intention dan pengaruh kepuasan pengunjung sebagai variabel mediator pada hubungan destination attributes terhadap revisit intention. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Hawai Waterpark Malang pada bulan Januari-Maret 2020. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan cara mengambil pengunjung yang telah melakukan kunjungan di Hawai Waterpark Malang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang diberikan kepada 200 responden dengan menggunakan Path Analysis. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa baik service quality maupun destination attributes berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Kemudian baik service quality destination attributes maupun kepuasan pengunjung berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap revisit intention. Selanjutnya baik service quality maupun destination attributes berpengaruh secara signifikan terhadap revisit intention melalui kepuasan pengunjung. Hal menarik dalam penelitian ini yaitu ditemukan bahwa baik variabel service quality dan destination attributes mampu meningkatkan revisit intention pengunjung tanpa pengunjung perlu merasa puas. Berdarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa service quality atau destination attributes berpengaruh terhadap revisit intention secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan pengunjung. Sehingga disarankan untuk petugas Hawai Waterpark Malang memiliki pengetahuan professional dan Hawai Waterpark Malang diharapkan lebih memperhatikan indikator pemandangan dengan mengeksplor tema yang beragam misalnya tema gunung berapi hutan kapal bajak laut serta memperhatikan pemeliharaan secara berkala termasuk memeriksa keamanan wahananya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2020 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 08:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159132

Actions (login required)

View Item View Item