Anwar, Saiful (2015) Peningkatan prestasi belajar matematika siswa SMPN 21 Malang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) / Saiful Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anwar Saiful. 2014. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 21 Malang dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT). Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sukoriyanto M.Si. Kata kunci pembelajaran kooperatif model TGT prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMPN 21 Malang diperoleh informasi bahwa hasil tes akhir siswa pada materi bangun ruang belum memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM). Penyebabnya yaitu keinginan siswa untuk belajar matematika masih kurang. Hal ini terjadi karena metode pembelajaran yang digunakan khususnya diskusi kelompok masih belum optimal. Guru kurang optimal dalam membimbing siswa dalam diskusi kelompok karena masih banyak siswa yang tidak melakukan diskusi hanya beberapa siswa saja yang mengerjakan dan yang lainnya hanya menunggu teman yang mengerjakan dan berbicara sendiri. Selain itu interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran masih kaku hal ini terlihat dari jarangnya siswa yang bertanya kepada guru walaupun mereka tidak memahami materi yang dipelajari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang harus bisa mengatasi rendahnya prestasi belajar. Model pembelajaran yang digunakan harus sesuai serta mampu melibatkan semua siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan kreatif dalam setiap proses pembelajaran. Serta dengan model yang sesuai diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa jenuh untuk belajar matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan tahapan turnamen yang bisa membuat menyenangkan bagi siswa. 12288 12288 12288 12288 Langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti saat menggunakan model TGT adalah (a) mengajar secara tanya jawab guru menyampaikan materi secara global (b) belajar kelompok guru membagi siswa menjadi 9 kelompok heterogen dan siswa mengerjakan LKS yang telah dibagikan oleh guru (c) turnamen guru membagi siswa menjadi 9 kelompok homogen dalam meja turnamen untuk mengerjakan kartu soal dengan tingkat kesulitan yang sama (d) penghargaan kelas penghargaan diberikan kepada kelompok yang mengumpulkan skor tertinggi dan (e) refleksi siswa secara individu diminta untuk mengerjakan tes individu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang telah. Data kemampuan siswa menyelesaikan soal diperoleh dari skor tes pada setiap akhir siklus. 12288 12288 12288 12288 Peningkatan prestasi belajar siswa pada penelitian ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan klasikal skor tes akhir siklus II yaitu sebesar 72 22% telah memenuhi SKM dan mengalami peningkatan dari persentase ketuntasan klasikal skor tes akhir siklus I yang sebesar 55 56% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang di kelas VIII 8 SMPN 21 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15893 |
Actions (login required)
View Item |