Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis google sites pada materi siklus air di kelas v sd negeri 1 ngetos kabupaten nganjuk / Yuyun Dwi Astutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis google sites pada materi siklus air di kelas v sd negeri 1 ngetos kabupaten nganjuk / Yuyun Dwi Astutik

Yuyun Dwi Astutik (0000) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis google sites pada materi siklus air di kelas v sd negeri 1 ngetos kabupaten nganjuk / Yuyun Dwi Astutik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astutik Yuyun Dwi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites Pada Materi Siklus Air Kelas V SD Negeri 1 Ngetos Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Arda Purnama Putra S.Pd. M.Pd. (II) Ferril Irham Muzaki S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajarn E-Learning Google Sites Siklus Air Hasil wawancara dengan guru kelas menunjukkan bahwa minat atau motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA rendah khususnya pada materi yang sifatnya abstrak seperti materi siklus air. Tidak adanya inovasi yang dilakukan guru dalam penggunaan media pembelajaran daring selain menggunakan Whatsapp Group dan buku tema. Hasil wawancara dengan perwakilan siswa diperoleh informasi bahwa siswa tidak menyukai kegiatan belajar secara daring. Dalam pembelajaran IPA siswa mengalami kesulitan memahami materi khususnya materi yang bersifat abstrak seperti materi siklus air siswa merasa bosan mempelajari materi sendiri dengan membaca materi IPA dalam buku tema yang kurang menarik dan menginginkan media lain yang menarik. Materi siklus air termuat pada KD 3.8 dan 4.8 muatan IPA tema 8. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran E-learning berbasis Google Sites pada materi siklus air untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Ngetos Kabupaten Nganjuk yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna dan praktis menurut siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Dick amp Carey yang terdiri dari 10 tahapan meliputi (1) analisis kebutuhan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajar dan konteksnya (4) menuliskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) pengembangan dan pemilihan media pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) revisi pembelajaran dan (10) merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa media pembelajaran E-Learning berbasis Google Sites pada materi siklus air kelas V SD Negeri 1 Ngetos Kabupaten Nganjuk. Produk yang dihasilkan telah melalui proses validasi dan uji coba produk. Kevalidan produk diperoleh dari hasil validasi materi mencapai tingkat kevalidan 100 % validasi media 95 % dan pengguna 100%. Sedangkan kepraktisan produk diperoleh berdasarkan uji coba produk dengan hasil sebesar 98% untuk uji coba kelompok kecil dan hasil sebesar 99% untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan sudah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158782

Actions (login required)

View Item View Item