Pengembangan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP / Fauzia Ardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP / Fauzia Ardiana

Ardiana, Fauzia (2014) Pengembangan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP / Fauzia Ardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardiana Fauzia. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif untuk Membelajarkan Soal Cerita pada Materi Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata Kunci media pembelajaran manipulatif soal cerita operasi bilangan bulat Hasil belajar siswa pada materi soal cerita materi operasi bilangan bulat masih di bawah KKM. Hal ini karena siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan bukan hanya karena materi yang sulit atau abstrak namun juga karena penyampaian materi yang kurang maksimal. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang berupa permasalahan sehari-hari. Untuk itu diperlukan inovasi dan variasi dalam proses pembelajaran seperti penggunaan media pembelajaran manipulatif dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pengembangan media pembelajaran manipulatif mengenai materi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita materi operasi bilangan bulat bagi siswa kelas VII SMP. Pengembangan media pembelajaran manipulatif ini menggunakan tahapan pengembangan Sadiman dkk (2011 99). Langkah-langkah tersebut yakni analisis kebutuhan dan karakteristik siswa perumusan tujuan instruksional pengembangan materi pembelajaran perumusan alat pengukur keberhasilan penulisan naskah serta evaluasi media pembelajaran. Dari keenam tahapan pengembangan tersebut dihasilkan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP. Untuk menguji kelayakan media dilakukan uji validitas dan uji efektifitas. Uji validitas dilakukan oleh satu dosen matematika Universitas Negeri Malang dan satu guru matematika SMP Negeri 4 Malang. Sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan melakukan uji coba pada 22 siswa kelas VII G SMP Negeri 4 Malang serta memberikan angket respon siswa. Dari uji validitas dan uji keefektifan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media telah memenuhi kriteria valid dan efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran manipulatif yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya agar menyesuaikan media dengan kondisi kelas membentuk kelompok siswa dengan kemampuan heterogen tahap pengembangan sebaiknya dilanjutkan sampai pada tahap penyebarluasan karena pada pengembangan ini terbatas pada tahap pengembangan uji coba dilanjutkan dengan melibatkan sampel uji yang lebih banyak media pembelajaran dibuat tegak agar media tampak seperti relief permukaan bumi sebenarnya serta pemilihan karakter boneka yang dikagumi dan disukai siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15878

Actions (login required)

View Item View Item