Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan open-endeed untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-G SMP Negeri 13 Malang / Afin Nur Latifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan open-endeed untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-G SMP Negeri 13 Malang / Afin Nur Latifa

Latifa, Afin Nur (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan open-endeed untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-G SMP Negeri 13 Malang / Afin Nur Latifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latifa Afin Nur. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ety Tejo D.C M.Pd. Kata Kunci STAD Open-Ended Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan observasi awal serta wawancara kepada guru pengajar matematika di SMP Negeri 13 Malang diketahui bahwa dalam proses pembelajaran jarang menerapkan metode atau model pembelajaran yang bermacam-macam. Metode ceramah dengan tanya jawab masih menjadi pilihan utama beliau dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika di dalam kelas yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-G kurang terlihat dari jawaban siswa yang sama dan kurang bervariasi. Hal tersebut didukung dari hasil pretes yakni secara klasikal siswa hanya mencapai 51 4% dengan kategori kurang baik . Pembelajaran yang diterapkan di sekolah tersebut masih perlu dikembangkan lagi agar dapat bervariasi dan dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open-Ended. Penelitian ini mendeskripsikan tentang langkah-langkah pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open-Ended yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil kuis 3) hasil tes akhir siklus 4) hasil wawancara. 12288 12288 12288 12288 Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada hasil siklus II dari peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa secara klasikal mencapai 73 5% dengan kategori baik . Berdasarkan penelitian ini langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan open-ended yaitu (1) guru memberikan materi prasyarat dan penguatan materi sebelumnya dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka (2) guru memberikan LKS kepada masing-masing kelompok yang memuat permasalahan-permasalahan open-ended untuk didiskusikan secara kooperatif (3) guru memotivasi semua kelompok untuk aktif dalam diskusi kelas dengan mengeluarkan pendapatnya secara terbuka (4) guru memberikan kuis yang memuat permasalahan-permasalahan open-ended kepada siswa untuk dikerjakan secara individu (5) guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menggali kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15875

Actions (login required)

View Item View Item