Praramadhani, Nandra Cahya (2014) Pengembangan perangkat pembelajaran materi barisan aritmatika dan barisan geometri yang berciri realistik untuk siswa SMP kelas IX / Nandra Cahya Praramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Praramadhani Nandra Cahya. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Barisan Aritmatika dan Barisan Geometri yang Berciri Realistik untuk Siswa SMP Kelas IX. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. M. Shohibul Kahfi M.Pd. Kata Kunci perangkat pembelajaran pendekatan realistik barisan aritmatika dan barisan geometri 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran matematika pada dasarnya bertujuan mempersiapkan siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu guru sebagai perencana dan pengelola pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa sekaligus mengaitkan materi pembelajaran dengan realita kehidupan sehari-hari siswa. Perangkat yang dimaksud adalah perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Sayangnya banyak guru kesulitan dalam menerapkan pendekatan tertentu dalam pengembangan RPP dan menggunakan LKS yang kurang sesuai sehingga pembelajaran yang direncanakan tidak mencerminkan pendekatan yang dipilih. Oleh karena itu peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran materi barisan aritmatika dan barisan geometri untuk menyelesaikan masalah tersebut. 12288 12288 12288 12288 Perangkat pembelajaran berciri realistik adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang menggunakan konteks dalam kehidupan sehari-hari sebagai titik awal pembelajaran dan memberikan kesempatan siswa untuk menemukan kembali konsep matematika secara mandiri dengan bimbingan guru. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi barisan aritmatika dan barisan geometri berciri realistik yang valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp dalam Hobri (2010 17) terdiri atas (1) tahap investigasi awal (2) tahap desain (3) tahap realisasi/konstruksi dan tahap (4) tahap tes evaluasi dan revisi. Dalam penelitian ini dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 27 orang siswa kelas IX sebagai subjek uji coba yang diamati oleh satu orang praktisi dan satu orang observer. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 54 dan 3 57 (2) skor kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3 86 dan 3 48 dan (3) persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM adalah 100% yang ditunjukkan dengan semua subjek uji coba memperoleh nilai akhir KD 6.2 lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian perangkat pembelajaran materi barisan aritmatika dan barisan geometri berciri realistik yang dihasilkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 12288 Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba tetap dilakukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan. 12288 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15872 |
Actions (login required)
View Item |