Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan inkuiri pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP / Pratiwi Parmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan inkuiri pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP / Pratiwi Parmawati

Parmawati, Pratiwi (2014) Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan inkuiri pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP / Pratiwi Parmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Parmawati Pratiwi. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Inkuiri pada Materi Aritmetika Sosial untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sudirman M.Si. Kata Kunci Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Aritmetika Sosial Inkuiri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan produk berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri pada materi aritmetika sosial yang valid dan praktis. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini ialah model pengembangan Plomp dengan terdiri dari empat tahap yaitu (1) fase investigasi (2) fase desain (3) fase realisasi/konstruksi (4) fase tes evaluasi dan revisi. 12288 12288 12288 12288 Untuk menguji kevalidan dan kepraktisan dari lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dilakukan validasi dan uji coba produk. Hasil validasi berdasarkan aspek kelayakan isi kesesuaian LKS dengan pembelajaran berbasis inkuiri kebahasaan dan tampilan secara berturut-turut yaitu 3 33 2 92 2 84 3 42. Secara keseluruhan lembar kegiatan siswa yang dikembangkan dikatakan valid dengan tingkat kevalidan sebesar 3 13. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil uji coba produk diperoleh tingkat kepraktisan dari produk sebesar 3 75 dengan tingkat kepraktisan sangat tinggi. Berdasarkan validasi dan uji coba produk tersebut disimpulkan bahwa lembar kegiatan siswa yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam pembelajaran aritmetika sosial. 12288 12288 12288 12288 Lembar kegiatan siswa yang dikembangkan memiliki kelebihan antara lain permasalahannya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari langkah-langkah penyelesainnya membuat siswa aktif belajar mewadahi siswa dalam menuangkan ide membantu siswa menemukan konsep dan tampilannya menarik. 12288 12288 12288 12288 Adapun kekurangannya antara lain hanya terbatas pada materi aritmetika sosial dan belum diketahui tingkat keefektifan dari produk. Oleh karena itu diharapkan adanya pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan inkuiri untuk materi lain serta dilakukan uji coba pada kelompok sedang maupun kelompok besar untuk menguji tingkat keefektifannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15845

Actions (login required)

View Item View Item