Marlay, Amus (2014) Pengembangan bahan ajar keliling dan luas segiempat dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP / Amus Marlay. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Marlay Amus. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Keliling dan Luas Segiempat Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Univesitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sisworo M.Si. Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Pendekatan Kontekstual keliling dan Luas Segiempat. Pengembangan bahan ajar adalah suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis dan memuat serangkaian aktivitas belajar mandiri agar siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan bahan ajar siswa dapat belajar menurut kecepatan dan caranya masing-masing serta menggunakan teknik yang berbeda-beda untuk memecahkan masalah. Dengan adanya bahan ajar siswa akan lebih mudah dalam memahami materi. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pokok bahasan keliling dan luas segiempat. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan materi keliling dan luas segiempat merupakan salah satu materi siswa SMP kelas VII semester II. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penulisan bahan ajar ini adalah pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan dimana siswa menemukan sendiri rumus dan menghubungkan pengalaman-pengalaman sebelumnya serta benda-benda disekitarnya dengan materi pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan telah divalidasi sebagai pijakan untuk melakukan revisi bahan ajar. Bahan ajar di validasi oleh satu orang dosen matematika Universitas Negeri Malang. Hasil validasi menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid. Kelebihan bahan ajar yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual yaitu (1) Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil. Artinya siswa dituntut untuk dapat menangkap hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata. Hal ini sangat penting sebab dengan dapat mengorelasikan materi yang ditemukan dengan kehidupan nyata bukan saja bagi siswa materi itu akan berfungsi secara fungsional akan tetapi materi yang dipelajarinya akan tertanam erat dalam memori siswa sehingga tidak akan mudah dilupakan (2) Pembelajaran lebih produktif dan mampu menumbuhkan penguatan konsep kepada siswa karena metode pembelajaran CTL menganut aliran konstruktivisme dimana seorang siswa dituntun untuk menemukan pengetahuannya sendiri. Melalui landasan filosofis konstruktivisme siswa diharapkan belajar melalui mengalami bukan menghafal (3) Kontekstual adalah model pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa secara penuh baik fisik maupun mental (4)) Kelas dalam pembelajaran Kontekstual bukan sebagai tempat untuk memperoleh informasi akan tetapi sebagai tempat untuk menguji data hasil temuan mereka di lapangan (5) Materi pelajaran dapat ditemukan sendiri oleh siswa bukan hasil pemberian dari guru (6) Penerapan pembelajaran Kontekstual dapat menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Adapun beberapa saran yang dikemukakan yaitu (1) pengembangan bahan ajar ini terbatas pada materi keliling dan luas segi empat oleh karena itu diharapkan ada tindak lanjut pengembangan bahan ajar untuk materi yang lain (2) disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya untuk mengujicobakan bahan ajar ini kepada siswa dalam kelompok besar/satu kelas agar dapat mengetahui tingkat keefektifannya (3) diharapkan guru Sekolah Menengah Pertama mencoba menggunakan produk pengembangan bahan ajar ini dalam pembelajaran untuk menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (4) Guru dapat mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kondisi sekolah yang ada. Dewan Penguji Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A Penguji Utama NIP 19610407.1987012.001 Dr. Sisworo M.Si Penguji I Latifah Mustofa L. S.Si M.Pd Penguji II NIP 19670408.1993021.001 NIP 19850816.2010122.005
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15831 |
Actions (login required)
View Item |