Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya / Naeli Muslimatul Khanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya / Naeli Muslimatul Khanifah

Khanifah, Naeli Muslimatul (2013) Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya / Naeli Muslimatul Khanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khanifah Naeli Muslimatul. 2013. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya . Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. Kata kunci Analisis kesalahan soal prosedural bentuk pangkat bulat scaffolding Materi pangkat (exponent) sudah diperkenalkan pada siswa kelas IX. Materi ini diajarkan kembali pada kelas X semester gasal dengan pengembangan pangkat rasional. Pemahaman terhadap materi pangkat bulat sangat diperlukan karena materi pangkat bulat merupakan dasar dari operasi pangkat. Materi ini merupakan materi paling mudah untuk melihat kemampuan siswa dalam menerapkan aturan pangkat. Berdasarkan hasil observasi selama PPL masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyederhanakan pangkat bulat padahal pangkat sudah mulai dikenalkan dari kelas IX dan sangat penting dalam pengenalan operasi pangkat rasional. Hal ini didukung oleh hasil dari remidi UTS dimana siswa masih banyak yang melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut harus ditangani dengan tepat salah satunya adalah dengan scaffolding. Scaffolding dipilih karena bantuan yang diberikan sesuai dengan kesalahan yang dilakukan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk pangkat bulat menurut jenisnyaserta scaffolding yang diberikan. Jenis kesalahan yang akan dilihat adalah kesalahan konseptual yang berhubungan dengan pemilihan serta penerapan rumus. Kesalahan prosedural yang berkaitan dengan tahapan siswa dalam menyelesaikan soal. Kesalahan teknik yang berkaitan dengan kesalahan perhitungan serta kesalahan memanipulasi operasi dasar aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang berjenis penelitian deskriptif. Hal yang akan diteliti adalah kesalahan yang dilakukan siswa menurut jenisnya dan scaffolding yang dilakukan agar siswa dapat menyelesaikan dengan benar. Prosedur pengumpulan data yang dilkukan adalah tes wawancara pendalaman serta pemberian scaffolding sebagai perbaikan atas kesalahan yang dilakukan. Untuk itu perlu dipersiapkan instrumen berupa soal penyederhanaan bentuk bilangan bulat kunci penyelesaian pedoman scaffolding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ketiga subjek yakni subjek 1 subjek 2 dan subjek 3 hanya subjek 3 yang menyelesaikan soal dengan tepat yakni pada soal kedua. Subjek 2 melakukan penyelesaian tidak sampai pada bentuk paling sederhana. Subjek 1 dan subjek 2 dapat menyelesaikan sebagian besar soal sampai pada tahapan akhir. ii Kesalahan konseptual dilakukan pada penerapan aturan pangkat nol dan pangkat negatif. Kesalahan konseptual aturan pangkat nol dilakukan oleh semua subjek. kesalahan konseptual pangkat negatif dilakukan subjek 1 dan subjek 2. Kesalahan prosedural dilakukan siswa 1 dan 2. Sebagian besar penyelesaian subjek 2 mengalami kesalahan prosedural. Kesalahan teknik dialami semua subjek. hal yang sering dilakukan adalah kesalahan komputasi. Diagram penyelesaian soal oleh siswa berbeda-beda sesuai dengan kesalahan yang dilakukan scaffolding yang diberikan serta perbaikan yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item