Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen / Widiya Pakartining Kawedar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen / Widiya Pakartining Kawedar

Kawedar, Widiya Pakartining (2013) Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen / Widiya Pakartining Kawedar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kawedar Widiya Pakartining. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Segitiga Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Qohar M.T Kata kunci model pembelajaran Reciprocal Teaching hasil belajar. Paradigma pendidikan saat ini mengalami perubahan. Salah satu akibatnya proses pembelajaran juga berubah. Proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan berpusat pada siswa di mana siswa terlibat langsung untuk menggali pengetahuan baru. Untuk itu diperlukan suatu variasi model pembelajaran yang sesuai agar siswa merasa nyaman untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada saat wawancara dengan guru matematika SMP Negeri 2 Kepanjen pembelajaran untuk pokok bahasan segitiga menggunakan metode ceramah. Siswa tidak memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi dan ketika dilakukan evaluasi banyak siswa yang tidak berhasil mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase siswa yang mendapatkan nilai ulangan matematika nilainya diatas 75 hanya 44 5%. Melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching ini peneliti bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VII-C SMP Negeri 2 Kepanjen pada materi Segitiga. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing melalui empat tahapan yaitu (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap observasi (4) tahap refleksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15797

Actions (login required)

View Item View Item